1. Mulai Kehamilan dengan Berat Badan Normal

Saat kamu mulai merencanakan kehamilan, sebaiknya mulai perhatikan berat badan. Jika terlalu kurus, maka naikkan berat badan menjadi normal. Sebaliknya jika terlalu gemuk, turunkan berat badan. Memantau berat badan sangat penting karena merupakan salah satu faktor pemicu kehamilan. Alangkah baiknya jika saat hamil kamu memulainya dengan berat badan normal. Ini juga akan membantu untuk lebih mudah memantau kenaikan berat badan ibu selama masa-masa kehamilan. 
 
1. Mulai Kehamilan dengan Berat Badan Normal
source: https://www.livestrong.com

 

2. Makan Secukupnya dan Sering

Meski ada janin yang tumbuh di dalam rahim, namun ibu hamil tidak perlu makan terlalu banyak atau menambah porsi makan dengan alasan memberi makan untuk 2 orang. Makanlah seperti biasa. Yang penting adalah asupan yang dikonsumsi kaya nutrisi untuk mendukung tumbuh kembang janin. Untuk ibu dengan berat badan normal membutuhkan 340 kalori tambahan selama trimester kedua dan 450 kalori pada trimester ketiga. Kebutuhan kalori itu bisa dipenuhi dengan makan utama 3 kali sehari dan 2 kali camilan. Pastikan nyemil kudapan yang sehat seperti buah-buahan ya, Moms. 
 
2. Makan Secukupnya dan Sering
source: https://www.huiji.com.sg

 
baca juga

3. Penuhi Kebutuhan Cairan

Penting untuk menghindari dehidrasi selama kehamilan. Oleh karena itu selalu penuhi kebutuhan cairan. Untuk ibu hamil, dianjurkan minum 10-12 gelas air per hari.  Minum cukup air memiliki manfaat tambahan untuk membantu ibu merasa kenyang di antara makan dan camilan. Selain itu, minum air juga dapat membantu mengatasi sembelit, gangguan sistem pencernaan yang umum dialami ibu hamil. 
 
3. Penuhi Kebutuhan Cairan
source: https://baby-pedia.com

 

4. Kelola Rasa Mengidam

Biasanya di awal-awal kehamilan ibu hamil ingin mengonsumsi makanan tertentu atau istilahnya mengidam. Kebanyakan ibu hamil mengidam makanan dan minuman yang kurang sehat. Jika sudah mengidam, maka sulit menolak godaan mengonsumsi makanan tidak sehat, tinggi lemak dan rasa manis. Untuk mengakalinya, cobalah mencampur makanan yang ingin dimakan itu dengan makanan sehat. Contohnya, saat mengidam mangga muda, coba campurkan dengan buah-buahan atau sayuran untuk mendapatkan banyak nutrisi. 
 
4. Kelola Rasa Mengidam
source: https://nypost.com

 
baca juga

5. Tetap Beraktivitas Seperti Biasa

Hamil bukan alasan bagi Moms untuk bersantai dan bermalas-malasan. Meski perut kian membesar, namun tetaplah beraktivitas seperti biasa. Contohnya mengerjakan pekerjaan rumah tangga ataupun pergi bekerja di kantor. Selama Moms melakukan kegiatan itu dengan hati-hati dan tak ada larangan dari dokter, maka kandungan akan aman dan membuat tubuh terasa lebih fit karena dilatih untuk bergerak. 
 
5. Tetap Beraktivitas Seperti Biasa
source: https://www.babycenter.in

 

6. Rajin Berolahraga

Ibu hamil tetap bisa berolahraga selama hamil. Pilihlah olahraga yang tidak berat dan aman dilakukan selama kehamilan, Moms. Contohnya berjalan kaki, yoga, berenang dan sebagainya. Selain membuat tubuh lebih bugar, rutin berolahraga juga bermanfaat untuk mendukung kehamilan berjalan lancar. Bahkan, ada beberapa jenis olahraga yang baik dilakukan untuk memperlancar persalinan. 
 
6. Rajin Berolahraga
source: http://www.thedailyobserver.ca

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan agar berat badan ibu tidak naik berlebihan selama hamil. Terapkan yuk!