Apa Itu Penyakit Campak?

Campak merupakan penyakit menular yang ditularkan oleh virus. Virus penyebab campak adalah morbili. Virus ini sangat cepat menyebar karena dibawa atau ditularkan melalui udara atau kontak dengan penderita campak. Jadi, jika kita berada di dekat orang yang terkena campak, maka besar kemungkinan kita akan tertular juga. 

Kasus penyakit campak di Indonesia cukup tinggi dan biasanya terjadi pada anak kecil. 
 
Apa Itu Penyakit Campak?
source: https://www.momjunction.com

 

Gejala Campak

Adapun gejala campak di antaranya: 
  • batuk, pilek, sakit tenggorokan
  • demam tinggi 
  • mata merah
  • sensitif terhadap cahaya
  • mata merah atau konjungtivitis
  • muncul bercak kemerahan pada kulit (rash
Gejala Campak
source: https://www.mummypages.ie


 
baca juga

Pentingnya Vaksin Campak

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Upaya pencegahan campak pada anak dilakukan dengan imunisasi berupa pemberikan vaksin MR, yaitu kombinasi vaksin measles (campak) dan rubella. Vaksin MR ini diberikan kepada anak untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya terhadap penyakit campak dan rubella. 

Pemberian vaksin MR  dilakukan sebanyak 3 kali yaitu saat anak berusia 9 bulan, 18 bulan dan 7 tahun atau usia kelas 1 SD. Diberikan sebanyak 3 kali untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak secara bertahap. Vaksin MR diberikan pertama kali pada usia 9 bulan karena di usia ini bayi sudah kehilangan kekebalan maternal atau kekebalan yang diperoleh dari ibu. Fase kedua diberikan saat anak berusia hampir 2 tahun sebagai antisipasi jika vaksin pertama tidak efektif. Fase ketiga diberikan saat anak masuk SD untuk mengantisipasi anak belum mendapatkan vaksin sebelumnya. 
 
Pentingnya Vaksin Campak
source: https://www.sciencedaily.com
Mengingat penyakit campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti diare, radang paru peunomia, radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk dan bahkan kematian, maka pemberian vaksin campak in sangat penting bagi anak-anak. Karenanya, pastikan Moms sudah melengkapi pemberian vaksi pada anak, ya!