1. Flame of Irian

Tanaman hias rambat pertama yang dapat kamu pilih adalah Flame of Irian yang yang juga cukup terkenal dengan sebutan Flame of The Forest, atau New Guinea Creeper, atau juga Red Jade Vine. Tanaman ini merupakan berasal jenis genus Mucuna yang dapat kamu temukan di daerah Irian Jaya atau Papua. Kamu dapat meletakkan tanaman ini pada sisi pagar atau pergola untuk memberi kesan dekorasi rumah yang lebih asri dan menyegarkan.
 

source: http://bibitbunga.com/


 


2. Wisteria (Wisteria Sinensis)

Untuk kamu yang menginginkan bunga yang spesial di tamanmu, kamu bisa memilih Wisteria sebagai tanaman rambat untuk taman kecil di rumahmu. Wisteria memiliki bunga yang mekar pada sekitar bulan April hingga Mei. Pada bulan itu, kamu akan menemukan tanamanmu hanya dipenuhi bunga tanpa daun. Tak lama, baru akan mulai muncul daun muda. Dengan begitu, suasana musim semi seperti di luar negeri akan dapat kamu rasakan. Tanaman hias ini tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu ungu dan putih. 
 

source: https://www.gardendesign.com/


 

baca juga


3. Tanaman Alamanda

Jika kamu suka dengan tanaman Mandevilla, kamu pasti akan sangat suka dengan tanaman rambat Alamanda. Keduanya sekilas tampak mirip dengan bentuk kelopak yang berbeda. Nah, Alamanda ini mempunyai kelopak berwarna-warni dan dapat tumbuh dengan lebat, lho. Cocok banget untuk dipilih sebagai tanaman yang dipasang di pagar atau pergola. Namun, mengingat tumbuhan ini sangat lebat, pastikan media tempat kamu menanamnya harus cukup kuat, ya!
 

source: http://www.tukangtamanrumput.com/


 


4. Shower Orchid

Nah, kalau kamu cukup pemalas untuk menyapu dan membersihkan kelopak yang rontok atau memberi pupuk pada tanaman, cobalah untuk menanam Shower Orchid di rumahmu. Shower Orchid ini punya keunggulan karena kelopak bunganya sangat kuat dan tidak mudah rontok. Tidak hanya itu, kamu juga hanya perlu memupuknya setiap 4 bulan sekali. Meskipun bernama "orchid", tapi bunga ini tidak termasuk dalam jenis-jenis bunga anggrek. Akan tetapi, ia tetap terlihat cantik dan karakternya yang menyukai panas matahari dapat membuat rumahmu terasa lebih sejuk. 
 

source: https://belizedestinations.com/


 

baca juga


5. Hedera

Terakhir, tanaman hias yang juga sangat direkomendasikan untuk kamu yang punya rumah dengan ruang terbatas adalah Hedera. Hedera ini mempunyai manfaat sebagai tanaman yang dapat membersihkan udara. Jenis-jenisnya sebenarnya cukup beragam dengan bentuk daun yang berbeda-beda seperti daun hijau mengkilap, daun panjang, dan daun hijau bercorak putih. Tanaman ini banyak digunakan sebagai tanaman gantung, perambat dinding dan pagar, serta tanaman kanopi. 
 

source: https://patch.garden/


Itulah lima jenis tanaman hias rambat yang dapat kamu pilih untuk dekorasi rumah dengan ruang terbatas. Semoga bermanfaat, Moms!