1. Komunikasikan dengan Orang Tua
 

Tips Menghadapi Perbedaan Pandangan Pola Asuh Anak dengan Orang Tua
source: https://www.amarbank.co.id/


Saat si kecil masih ada di dalam kandungan, tidak ada salahnya untuk mulai banyak berbicara dan berdiskusi mengenai pola asuh anak dengan orang tuamu. Tanyakan beragam pengalaman yang pernah mereka alami dalam mengasuh kamu atau pasanganmu dulu. Dengan begitu, orang tua akan lebih merasa dihargai sebagai orang yang memang lebih berpengalaman. Kemudian, tanyakan apa saja hal yang ingin mereka ubah, dan komunikasikan beragam metode pendidikan dan pengasuhan anak dengan konsep yang kamu suka. Jika mereka belum mengetahuinya, mungkin cara ini akan sangat membantumu untuk membuat orang tua mau membuka perspektifnya untuk pola asuh yang baru.
 


2. Kombinasi dan Modifikasi Kedua Pola Asuh
 

Tips Menghadapi Perbedaan Pandangan Pola Asuh Anak dengan Orang Tua
source: https://www.femina.co.id/


Tidak bisa dipungkiri, pola asuh orang tua juga banyak yang memiliki dampak baik untuk kita dan pasangan saat dewasa ini. Jadi, mengikuti beberapa sarannya bukanlah hal yang buruk. Tetapi, cobalah untuk mengisi beberapa kekurangan dengan metode pengasuhan lain yang terlihat lebih efektif. Misalnya, jika kamu ingin membiasakan anak makan sendiri dan orang tua lebih suka menyuapi langsung, cobalah untuk menerapkan keduanya sekaligus. Caranya, biarkan anak menggenggam satu atau dua lauk untuk dia makan sendiri sambil disuapi makanan intinya secara perlahan. 
 

baca juga


3. Buatlah Kesepakatan dengan Orang Tua
 

Tips Menghadapi Perbedaan Pandangan Pola Asuh Anak dengan Orang Tua
source: https://ultramimi.com/


Kebanyakan nenek dan kakek akan memberikan banyak perhatian lebih untuk cucunya. Tidak bisa dipungkiri, hal ini akan berlanjut menjadi sikap yang memanjakan anak. Tentu kamu tidak ingin si kecil tumbuh menjadi anak yang manja dan bergantung pada orang lain, bukan? Jadi, buatlah kesepakatan dengan orang tua mengenai cara menghadapi dan mendidik anak. Misalnya, jika orang tuamu ingin membelikan anak mainan dan hadiah, mintalah mereka untuk memberikannya hanya saat si kecil berulang tahun atau mendapatkan prestasi di sekolahnya. Dengan begitu, kakek dan nenek tetap bisa menyenangkan cucunya di hari-hari spesial tanpa terkesan memanjakan.
 


4. Luangkan Lebih Banyak Waktu dengan Si Kecil
 

Tips Menghadapi Perbedaan Pandangan Pola Asuh Anak dengan Orang Tua
source: https://www.hellosehat.com/


Terakhir, apabila kamu memiliki waktu sedikit dengan si kecil karena bekerja, upayakan untuk membangun hubungan lebih dekat dengannya di akhir pekan. Bukan hal yang mustahil juga untuk selalu memantau tumbuh kembang anak melalui telepon dan video call saat kamu di kantor. Yang pasti, buat anak merasa diperhatikan olehmu sehingga tidak selalu berpaling pada kakek dan neneknya. 

Itulah beberapa hal yang dapat kamu perhatikan untuk mencari solusi atas perbedaan pola asuh anak dengan orang tua. Yang pasti, hindari perdebatan dengan orang tua di depan anak. Hal ini dapat menjadi contoh untuk anak kelak berani untuk melawanmu. Tetaplah berpikir positif dan jadikan orang tua sebagai partnermu dalam mendidik si kecil. Apalagi jika kamu memang membutuhkan bantuannya.