1. Jagalah Komunikasi dengan Pasangan
 

source: https://www.popsugar.com/

Hal pertama yang harus diperhatikan untuk menjaga keharmonisan hubungan suami istri adalah komunikasi. Kamu harus menjalin hubungan komunikasi yang baik dengan membiasakan diri selslu terbuka dan mau mendengarkan keluh kesah pasangan. Tidak ada salahnya untuk membuat rutinitas untuk saling mengungkapkan perasaan sebelum tidur atau di momen berdua lain.
 

2. Berikan Perhatian dan Penghargaan Pada Pasangan
 

source: https://depositphotos.com/

Selanjutnya, kamu dan pasangan juga perlu untuk peka satu sama lain. Cobalah untuk kurangi menuntut pasangan atas keinginan dan ekspektasi tinggimu. Sebagai gantinya, cobalah untuk menjadi sosok yang terbaik untuk pasangan agar kamu dan pasangan dapat saling menghargai satu sama lain. Berikan kejutan atau bahkan sekadar ucapan terima kasih akan sangat berarti baginya.
 

baca juga

3. Saling Mengerti Satu Sama Lain
 

source: http://www.newlovetimes.com/

Cobalah pahami pasangan saat ia ada masalah atau berada dalam tantangan tertentu. Jangan selalu merasa paling lelah dan berkorban banyak untuk keluarga. Apresiasi pada pasangan tidak harus selalu dengan memberikan hadiah dan pujian, melainkan dengan memahami dan menghargainya. Renggangnya hubungan suami istri di tengah-tengah pernikahan biasanya disebabkan karena kedua pasangan sulit untuk legowo dalam memahami kondisi pasangan.
 

4. Miliki Kebiasaan Romantis Bersama
 

source: http://www.momjunction.com/

Masih ingat dengan pasangan kakek nenek di film animasi Up? Keduanya mempunyai hobi dan kesenangan yang sama, yaitu traveling atau berpetualang. Tidak adal salahnya untuk memiliki hobi yang sama untuk membangun kekompakan antara kamu dan pasangan. Tidak harus selalu hal romantis dengan bunga dan makan malam mewah. Yang penting, kebiasaan itu hanya kamu dan pasangan yang tahu seberapa dalam maknanya.
 

baca juga

5. Berhubungan Seks dengan Rutin
 

source: http://www.goodmorningtextmessages.com/

Terakhir, jangan lupa untuk tidak menganggap remeh hal satu ini. Berhubungan badan merupakan salah satu kunci utama untuk hubungan suami istri yang romantis dan harmonis. Hal ini sama sekali tidak dibatasi oleh usia. Jadi, meskipun anak-anakmu sudah beranjak dewasa, bukan alasan untuk kamu mengurangi frekuensi berhubungan seks dengan pasangan. Pastikan kamu melakukannya dengan rutin untuk membangun hubungan yang lebih harmonis lagi.