Manfaat Menjemur Bayi di Pagi Hari

Sudah menjadi kebiasaan para ibu untuk membawa bayi baru lahir untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi. Tradisi ini ternyata dilakukan karena memang membawa banyak manfaat untuk bayi, khususnya untuk kulit dan kesehatan tubuh bayi secara menyeluruh. Yuk, intip ulasannya berikut ini!
 

Moms, Ketahui Manfaat Menjemur Bayi di Pagi Hari yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan
source: http://lampung.tribunnews.com/


 


Manfaat Sinar Matahari Pagi untuk Kulit Bayi

Menjemur bayi di pagi hari dengan sinar matahari yang hangat ternyata dapat memberikan manfaat dan kebaikan untuk kulit si kecil, lho. 

1.  Melancarkan Sirkulasi Darah

Sinar matahari pagi dapat berperan dalam meningkatkan sirkulasi darah. Hangat dari sinar matahari ini mampu membuat pembuluh darah di kulit menjadi melebar. Ini penting untuk mengoptimalkan aliran nutrisi dan oksigen yang dibawa ke seluruh tubuh.

2.  Mencegah dan Mengatasi Masalah Kulit

Sinar matahari di pagi hari ternyata juga mampu mengoptimalkan kerja sel-sel kulit agar dapat bekerja dengan lebih maksimal. Dengan begitu, beragam masalah kulit dapat dicegah dan diatasi dengan sering berjemur di bawah sinar matahari pagi.

3.  Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Paparan sinar matahari di pagi hari dapat memicu produksi sel darah putih. Sel darah putih yang mempunyai peran dalam proses kekebalan tubuh akan membantu melawan beragam penyakit dari infeksi bakteri, jamur atau virus.
 

Moms, Ketahui Manfaat Menjemur Bayi di Pagi Hari yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan
source: https://hellosehat.com/


 

baca juga


Manfaat Sinar Matahari Pagi untuk Kesehatan Bayi

Kemudan, yang paling penting, sinar matahari pagi juga sangatlah penting untuk kesehatan bayi, khususnya bagi bayi yang baru lahir.

1.  Mencegah Bayi Kuning

Bayi yang baru dilahirkan memiliki risiko mengalami kuning akibat kadar bilirubin yang naiki. Untuk menghindari hal ini terjadi, kamu dapat membiasakan untuk menjemur bayi di bawah sinar matahari pagi agar dapat memecah bilirubin dalam darah bayi. Dengan begitu, kadarnya akan menurun dan menjadi normal.

2.  Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Tulang Bayi

Sinar matahari pagi memiliki kandungan Vitamin D yang bermanfaat untuk memudahkan proses penyerapan kalsium dalam darah. Hal ini penting dalam proses pertumbuhan serta membantu memperkuat tulang. 

3.  Memberikan Kehangatan Pada Tubuh Bayi

Dengan menjemur bayi di bawah sinar matahari tubuh bayi akan menghangat sehingga dapat membantu mengurangi gejala alergi seperti lendir dan pilek. Sinar matahari yang hangat akan membuat lendir dalam saluran pernafasan mencair dan keluar.

4.  Mengatasi Bayi Rewel

Bayi yang rewel seringkali disebabkan karena stres. Hal ini ditandai oleh bayi yang terus menangis tanpa sebab atau gejala sakit apapun. Nah, menjemurnya di bawah sinar matahari pagi akan membantu tubuhnya untuk melepaskan hormon endorphin yang dapat melawan rasa stres pada bayi.
 

Moms, Ketahui Manfaat Menjemur Bayi di Pagi Hari yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan
source: https://beritagar.id/


 


 

Moms, Ketahui Manfaat Menjemur Bayi di Pagi Hari yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan
source: https://www.klikdokter.com/


Nah, itulah beberapa manfaat menjemur bayi di pagi hari yang perlu kamu tahu. Jadi, jangan lewatkan rutinitas tersebut, ya!