Memasak Bersama Anak

Beragam kegiatan bisa kamu jadikan referensi untuk kegiatan akhir pekan yang menyenangkan dan tidak membosankan. Salah satu yang bisa kamu pilih adalah memasak bersama. Nah, karena anak-anak pasti sangat menyukai kue manis, cobalah untuk mengajak si kecil membuat brownies bersama! Berikut ini resep brownies praktis yang bisa Moms praktekkan di rumah!
 

Yuk, Coba Resep Brownies Praktis yang Bisa Dibuat Bersama dengan Si Kecil!
source: https://www.kidspot.com.au/


Bahan-bahan:

  • 125 gr gula kastor, atau gula pasir yang diblender
  • 100 gr tepung terigu
  • 100 gr mentega
  • 125 gr dark chocolate
  • 2 telur
  • Kacang almond, secukupnya (untuk campuran dan topping)
  • 1 sdt vanilli bubuk
Yuk, Coba Resep Brownies Praktis yang Bisa Dibuat Bersama dengan Si Kecil!
source: http://www.scrippsnetworksinteractive.com/


 

baca juga


Cara membuat: 

  1. Mulailah dengan melelehkan mentega dan cokelat dengan cara memotong kecil mentega dan cokelat di dalam wadah stainless steel. Lalu, letakkan wadah tersebut mengapung di atas panci besar dengan air mendidih. Aduk hingga cokelat dan mentega tercampur rata. 
  2. Kemudian, tuang campuran mentega-cokelat ke dalam wadah lain yang lebih besar, masukkan ke dalamnya gula, telur, serta vanilli. Aduk merata. 
  3. Jika sudah, masukkan tepung terigu yang sudah diayak agar semakin halus adonannya, aduk rata. 
  4. Siapkan tempat adonan berupa loyang muffin yang sudah lapisi dengan paper cup. Tuang campuran adonan sebanyak setengah cup. Taburkan beberapa keping dan potongan cokelat yang easy melt. 
  5. Kemudian, masukkan lagi adonan sampai hampir memenuhi wadah paper cup. Adonan brownies tidak akan terlalu mengembang, jadi kamu tidak perlu khawatir hasilnya berantakan. Jangan lupa juga untuk menaburi irisan almond sebagai topping. 
  6. Adonan yang sudah siap dapat kamu masukkan ke dalam oven yang telah dipanaskan. Panggang selama kurang lebih 10 menit. 
  7. Jika sudah 10 menit, putar posisi loyang agar kematangannya lebih merata. Kemudian panggang lagi selama kurang lebih 10-15 menit.
  8. Apabila kamu mendapatkan sudah ada lapisan tipis yang retak di bagian atas brownies, itu artinya brownies sudah matang. 
Yuk, Coba Resep Brownies Praktis yang Bisa Dibuat Bersama dengan Si Kecil!
source: https://us.123rf.com/


 


Kemudian, jika kamu ingin mengajak si kecil untuk ikut membuat brownies, cobalah untuk membagi tugas dengannya, seperti dengan memintanya:

  • Menimbang bahan-bahan brownies dengan melihat atau membaca angka di timbangan. Tugas ini bagus untuk mengajari anak berhitung.
  • Memotong cokelat dan mentega untuk dilelehkan. Jika si kecil masih belum terbiasa menggunakan pisau, berikan spatula berbahan stainless steel yang tidak tajam seperti pisau.
  • Mencampurkan telur dan gula dengan alat pengocok adonan manual/whisker. Tugas ini dapat melatih konsentrasi, fokus, dan pastinya gerak motorik anak.
  • Bekerja sama saat Mommy mengaduk adonan, anak perlahan memasukkan terigu ke dalam adonan.
  • Memasukkan adonan ke dalam loyang. Meskipun akan berantakan, momen ini pasti akan sangat menyenangkan. Anak juga akan lebih senang saat mencicipi kue buatannya sendiri.
  • Menaburi topping berupa almond/choco chips/keju pada bagian atas adonan kue.
Yuk, Coba Resep Brownies Praktis yang Bisa Dibuat Bersama dengan Si Kecil!
source: https://brooklynfarmgirl.com/


Nah, itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan saat mencoba resep brownies dengan si kecil. Mudah dan praktis bukan? Selamat mencoba, ya!