Periode Bayi

Pada awal perkembangan moral seorang anak, masa bayi pada dasarnya belum mempunyai kapasitas terhadap hal-hal terkait moralnya. Yang ada hanyalah keinginan besar untuk dirinya sendiri. Misalnya saat lapar, popok basah, panas, atau beragam situasi tidak menyenangkan lain, bayi akan menangis dan meminta kenyamanan. Sesuatu yang benar adalah hal-hal yang menyenangkan baginya. Ini terjadi selama 12 bulan sejak awal kelahirannya.
 

Yuk, Kenali 5 Tahapan Perkembangan Kecerdasan Moral Anak!
source: https://www.happiestbaby.com/


 


Periode Batita 

Nah, saat memasuki usia satu tahun, anak pada dasarnya juga masih belum dapat menilai sesuatu sebagai hal yang benar atau salah, baik tau buruk. Yang mereka jadikan sebagai patokan adalah apa yang dikatakan oleh orang tuanya. Seperti misalnya anak belum bisa mengetahui bahwa memukul adalah tindakan yang tidak baik, yang mereka tahu ayah dan ibu melarangnya untuk memukul.
 

Yuk, Kenali 5 Tahapan Perkembangan Kecerdasan Moral Anak!
source: http://www.klaschoolsboyntonbeach.com/


 

baca juga


Periode Prasekolah (3-5 tahun) 

Di masa-masa prasekolah, anak akan mulai diajari nilai-nilai dan norma aturan keluarga dan sosial. Pada masa ini, kamu perlu memerhatikan betul bagaimana cara bersikap dan membuat aturan di rumah. Hal ini penting untuk memastikan bahwa nilai dan norma dapat dipahami dan diserap anak dengan baik. Dalam tahap ini anak juga akan mulai lebih peka pada akibat dari tindakannya. Misal, jika ia merebut mainan teman, temannya akan sedih dan menangis, serta ayah ibu akan marah padanya.
 

Yuk, Kenali 5 Tahapan Perkembangan Kecerdasan Moral Anak!
source: https://jamesplacekids.com/


 


Periode Usia Sekolah (6-10 tahun) 

Di usia sekolah ini, anak mulai menyadari kuasa orang dewasa (mama, papa, ataupun guru) bukanlah hal yang perlu ditakutkan. Hal ini disebabkan mereka sudah memahami mana yang baik dan buruk bukan lagi soal arahan dari orang dewasa. Anak-anak paham bahwa orang tua merupakan sosok yang perlu dihormati dan ditaati, disamping itu mereka juga tahu dan paham bahwa ada aturan yang perlu diperhatikan mengenai baik dan buruknya sebuah tindakan. Perasaan untuk merasa ‘benar’ dan ‘salah’ sudah semakin tertanam kuat dalam diri anak.
 

Yuk, Kenali 5 Tahapan Perkembangan Kecerdasan Moral Anak!
source: http://www.yourmovetp.com/


 

baca juga


Periode Praremaja dan Remaja 

Sebelum memasuki usia dewasa, anak akan melalui periode masa remaja yang penuh dengan tantangan. Pada usia ini, anak akan menghadapi dilema dari keinginan bersosialisasi dengan teman sebaya atau mengikuti seluruh nilai dan norma yang berlaku dalam lingkungannya. Dengan adanya banyak pengetahuan mengenai beragam nilai dan norma masyarakat, di masa ini anak akan terlihat labil dan terombang-ambing untuk mencoba nilai dan aturan yang berbeda dengan nilai keluarga untuk mengetahui mana yang benar-benar sesuai dengan dirinya. Tidak jarang nilai keluarga yang sudah dianutnya sejak kecil dari orang tua kalah dengan nilai yang baru ia temukan dalam lingkungan sosial di luar.
 

Yuk, Kenali 5 Tahapan Perkembangan Kecerdasan Moral Anak!
source: https://www.oxfordvitality.co.uk/


Nah, itulah lima tahapan perkembangan moral anak sejak bayi hingga usia remaja. Sebagai orang tua, ada baiknya kita untuk tetap memerhatikan dan memberikan pengawasan pada anak dengan cara membangun komunikasi dan hubungan yang baik dengannya.