1. Takut dan Cemas Saat Buang Air Besar

Salah satu permasalahan yang paling umum dialami anak saat toilet training adalah rasa takut dan cemas untuk buang air besar di toilet. Bagi anak-anak, pipis bukanlah hal yang sulit dilakukan di toilet. Akan tetapi, buang air besar akan sedikit berbeda, mulai dari karena belum siap, rasa sakit karena kurang asupan serat dan air, serta toilet yang tidak nyaman digunakan.
 

Kenali 3 Masalah yang Sering Dihadapi Si Kecil Saat Sedang Toilet Training
source: https://www.mamamia.com.au/


 


2. Takut Tanpa Alasan Pasti

Orang tua memang sering merasa kesulitan untuk memahami perasaan anak. Inilah yang kerap kali membuat orang tua terkesan tidak peka dengan anak yang mengalami kesulitan saat melakukan sesuatu, termasuk potty training. Tanpa disadari, sebagian anak memang lebih merasa nyaman saat buang air di toilet pada siang hari. Sedangkan pada malam hari, mereka biasanya akan sedikit enggan mengingat bahwa mereka harus sendiri di dalam toilet yang gelap dan suram. Tidak hanya itu, bisa jadi anak punya rasa jijik saat melihat kotoranya sendiri. Bahkan, anak juga bisa takut dan cemas saat mendengar bunyi air saat menyiram kotoran.

Kenali 3 Masalah yang Sering Dihadapi Si Kecil Saat Sedang Toilet Training
source: https://www.babycenter.com/


 

baca juga

3. Rasa Kecewa Anak

Terakhir, masalah yang juga kerap dihadapi anak yang sulit menjalani toilet training adalah rasa kecewa dan malu karena sering gagal saat harus menahan buang air. Bagi anak, periode potty training merupakan tantangan besar yang akan membuat mereka minder dan kecewa jika gagal. Misalnya adalah saat ia tidak sanggup menahan buang air kecil atau besar saat akan menuju toilet.
 

Kenali 3 Masalah yang Sering Dihadapi Si Kecil Saat Sedang Toilet Training
source: https://www.stayathomemum.com.au/


 


Cara Mengatasi Masalah Anak Saat Toilet Training

Nah, untuk mengatasi hal-hal tersebut, sebagai ibu kamu dapat melakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Pastikan bahwa kamu selalu ada untuk mendampingi tiap proses potty training yang anak jalani.
  2. Selalu katakan bahwa semua ini adalah proses, jadi tidak perlu khawatir dan cemas jika beberapa kali kelepasan dalam menahan buang air.
  3. Bangun kedekatan dengan anak, jangan marahi jika ia tidak dapat menahan buang air dan berikan apresiasi saat ia mulai bisa menahan lebih lama sebelum tiba ke toilet.
  4. Tanyakan apa yang ia khawatirkan. Kamu dapat membuat suasana kamar mandi lebih nyaman dengan memasang lampu terang, menyiapkan toilet seat anak yang nyaman, dan membuat suasana kamar mandi lebih cantik dengan mainan.
Kenali 3 Masalah yang Sering Dihadapi Si Kecil Saat Sedang Toilet Training
source: https://www.quora.com/


Itulah beberapa masalah yang dihadapi anak ketika potty training dan beberapa tips untuk mengatasi permasalahan potty training pada anak. Semoga berhasil ya Moms.