1. Menyebabkan Gangguan Pada Proses Pertumbuhan Sel-Sel Saraf Janin

Bahaya pertama yang dapat terjadi akibat mengecat rambut saat hamil adalah terjadinya gangguan pada proses pertumbuhan sel-sel saraf janin. Hal ini disebabkan oleh kandungan bahan kimia yang terserap masuk ke dalam tubuh ibu melalui pori-pori kulit kepala hingga akhirnya masuk ke aliran darah. Aliran darah yang tercemar bahan-bahan kimia dari pewarna rambut akan mengganggu asupan sari-sari makanan dan oksigen. Itulah sebabnya si kecil akan mengalami gangguan pada pertumbuhan sel-sel sarafnya.

Hati-hati, Ini Dia 5 Bahaya Mewarnai Rambut Bagi Ibu Hamil
source: https://www.hellosehat.com/


 


2. Menyebabkan Gangguan Pada Proses Pembentukan Sel Otak Janin

Selain itu, zat kimia yang terserap masuk ke dalam aliran darah ibu juga akan memberikan dampak buruk pada pembentukan sel otak janin. Saat proses pembentukan sel, zat kimia yang masuk akan menghambat dan merusak tiap jaringan otak yang terbentuk. Tidak terkecuali jaringan otak kecil, jaringan dan lapisan otak besar, sistem limbik, penghubung otak kiri dan kanan, hingga ganglia basalis dan batang otak juga dapat berisiko terkena gangguan. 

Hati-hati, Ini Dia 5 Bahaya Mewarnai Rambut Bagi Ibu Hamil
source: https://www.nutriclub.co.id/


 

baca juga


3. Risiko Cacat Bawaan Pada Bayi yang Dilahirkan

Tidak hanya gangguan dalam tubuh janin, zat kimia dalam pewarna rambut yang digunakan ibu hamil juga dapat menyebabkan kelahirkan cacat bawaan. Hal ini disebabkan karena zat kimia yang terkandung dalam produk pewarna rambut dapat membahayakan sejak janin masih dalam bentuk zigot (sel pembuahan). Dampaknya pun sangat beragam, salah satunya adalah bayi yang terlahir dalam kondisi cacat bawaan seperti jari dempet, bibir sumbing, kembar siam, dan beragam cacat bawaan lahir lainnya.

Hati-hati, Ini Dia 5 Bahaya Mewarnai Rambut Bagi Ibu Hamil
source: https://www.hellosehat.com/


 


4. Gangguan Pada Perkembangan dan Pertumbuhan Organ dalam Janin

Tidak hanya otak, seluruh organ dalam janin memiliki risiko yang sama mengalami gangguan pada perkembangan dan pertumbuhannya. Organ-organ seperti jantung, paru-paru serta beragam organ dalam lainnya sedang melalui produk tumbuh kembang sejak janin berusia 16 minggu. Jika terpapar bahan kimia dari produk pewarna rambut, bisa dipastikan semua prosesnya akan terganggu. Apalagi mengingat plasenta yang berperan sebagai sistem perlindungan dari zat-zat asing dan kimia belum terbentuk sempurna.
 

Hati-hati, Ini Dia 5 Bahaya Mewarnai Rambut Bagi Ibu Hamil
source: https://www.hellosehat.com/


 

baca juga


5. Risiko Terjangkit Leukimia

Leukimia merupakan salah satu penyakit yang hingga saat ini masih sulit untuk ditangani. Tidak hanya terjadi pada orang dewasa, leukimia juga banyak terjadi pada anak-anak. Salah satu faktor yang membuat anak terjangkit leukimia adalah paparan zat kimia berlebih pada anak sejak janin dan bayi. Dengan kata lain, penggunaan zat pewarna rambut oleh ibu hamil juga akan berisiko besar pada anak untuk terjangkit leukimia. Hal ini merupakan dampak jangka panjang yang pailing mengerikan. 
 

Hati-hati, Ini Dia 5 Bahaya Mewarnai Rambut Bagi Ibu Hamil
source: http://obatleukimia.web.id/


Nah, itulah lima risiko berbahaya yang dapat mengacam janin dan bayi apabila ibu hamil mewarnai rambut. Jadi, hindarilah mengecat rambut selama hamil demi kesehatan sang buah hati, Moms!