Pentingnya Menjaga Gaya Hidup Sehat yang Seimbang

Isu gaya hidup sehat sebenarnya sudah cukup lekat dengan kebiasaan dan gaya dari para generasi milenial. Tren mengatur diet yang sehat hingga rutin berolahraga sangat populer dilakukan generasi yang sudah memasuki usia 20an ini. Sayangnya, para generasi milenial yang kini sudah menikah dan menanti kehadiran buah hati masih mendapatkan hambatan dalam memperolehnya. Bukan karena persoalan makan dan kurang olahraga, melainkan karena kurangnya waktu optimal untuk tidur. 

Sering Begadang Bisa Berpotensi Menyebabkan Masalah Kesuburan, Mengapa? Ini Penjelasannya
source: https://www.elawoman.com/


Hal penting yang harus kamu ingat adalah menjaga pola tidur yang baik dan cukup sama pentingnya dengan mengatur konsumsi makanan sehat dan berolahraga untuk kesehatan tubuh. Penelitian juga banyak yang membuktikan bahwa waktu tidur yang kurang memiliki pengaruh besar dalam kondisi kesehatan dan kesuburan wanita dan pria. 
 


Gangguan Fungsi Hormon Akibat Bergadang

Banyak orang yang bertanya-tanya, apa hubungannya waktu tidur yang kurang dengan kesuburan? Hal ini tentu sangat berhubungan mengingat begadang dapat mengganggu fungsi hormon yang bekerja terkait dengan kesuburan. Hasil penelitian membuktikan bahwa perempuan yang mempunyai masalah kesuburan, memiliki jam tidur rata-rata hanya 6 jam setiap malam. Padahal, jam tidur yang dianjurkan oleh ahli endokrinologi reproduksi Los Altos, Dr. Deborah A. Metzger adalah sekitar 8 hingga 9 jam setiap malamnya.
 

Sering Begadang Bisa Berpotensi Menyebabkan Masalah Kesuburan, Mengapa? Ini Penjelasannya
source: http://zene.ba/


 

baca juga


Pentingnya Waktu Tidur yang Cukup

Saat seseorang tidur, tubuh sebenarnya sedang bekerja untuk memperbaiki kerja sel dan hormon. Bayangkan apa yang akan terjadi jika seseorang tidur larut malam, pasti akan ada banyak sekali kerja hormon yang terganggu. Beberapa hormon yang akan mendapatkan pengaruh adalah hormon yang berperan dalam fungsi kesuburan, yaitu hormon Leptin dan Prolaktin. Hormon Prolaktin sendiri akan menjadi semakin tidak stabil dan membuat seorang wanita. Sementara itu, kebiasaan begadang akan membuat produksi dan kualitas sperma menjadi menurun.

Sering Begadang Bisa Berpotensi Menyebabkan Masalah Kesuburan, Mengapa? Ini Penjelasannya
source: https://www.fitday.com/fitness-articles/health/this-is-what-happens-to-your-body-after-a-week-of-sleep-deprivation.html


 


Gaya Hidup Milenial yang Berpengaruh Besar

Pola kerja kantor yang kini populer dengan jam fleksibel membuat banyak pekerjanya yang memilih untuk mulai bekerja di siang hari hingga larut malam. Alasan menghindari macet menjadi argumen yang banyak diungkapkan. Sayangnya, hal ini ternyata membawa dampak buruk bagi pola tidur yang terganggu. Apalagi jika ditambah dengan waktu yang dihabiskan untuk sekedar kumpul dengan kawan-kawan sepulang kerja. Tanpa disadari inilah yang nantinya berpengaruh pada kondisi kesehatan dan kesuburanmu.
 

Sering Begadang Bisa Berpotensi Menyebabkan Masalah Kesuburan, Mengapa? Ini Penjelasannya
source: https://www.eastwestbank.com/


Nah, itulah beberapa hal seputar pengaruh kurangnya jam tidur pada kesuburan. Dengan kata lain, seimbangkan seluruh kebutuhan tubuh, mulai dari asupan makanan sehat, olahraga teratur, dan tidur yang cukup. Dengan begitu sistem di tubuh akan menjadi lebih baik dan sehat sehingga kamu akan terhindar dari kondisi yang tidak diinginkan.