Protein

Selama trimester ini, jumlah kalori harian yang perlu kamu konsumsi belum meningkat kok. Meski demikian, kamu perlu meningkatkan konsumsi zat protein menjadi dua kali lipat lebih banyak dari trimester pertama, ladies untuk memebuhi kebutuhan tubuhmu akan zat satu ini.  Kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, seperti ikan, ayam, tahu, tempe, telur, susu kedelai, almond, dan lain sebagainya.

Protein akan berfungsi dalam membangun dan memperbaiki plasenta, dan jaringan tubuh janinmu seperti tulang, mata, jantung, kulit, hati,  serta membentuk cairan ketuban, darah, dan sel-sel janin agar tumbuh sempurna. Selain itu, protein juga berperan dalam pembentukkan antibodi dan kesehatan tulang dari janin beserta dirimu, lho! Enggak hanya itu, protein merupakan sumber kalori yang jauh lebih baik dibanding karbohidrat karena dapat menghindari kamu dari meningkatnya gula darah selama hamil, ladies!
 

source: http://xinhxinh.vn



Asam Folat

Kebutuhan gizi ibu di trimester kedua kehamilan lainnya ialah asam folat. Asam folat merupakan salah satu nutrisi terpenting yang wajib kamu konsumsi karena zat inilah yang befungsi dalam pertumbuhan plasenta, perkembangan janin, serta pertumbuhan fungsi otak dan susunan saraf pusat janinmu. Asam folat juga mencegah bayimu mengalami kecacatan tabung saraf (Neural Tube Defects, NTDs), yaitu anencephaly (kelainan di mana otak tidak terbentuk) dan spina bifida (kelainan pada tulang belakang).

Nah, karena itulah kamu wajib mengonsumsi asam folat selama trimester kedua ini ladies. Kamu bisa mengonsumsi kacang-kacangan, produk makanan yang mengandung asam folat seperti roti dan sereal, sayuran hijau seperti brokoli dan bayam, serta buah-buahan sepeti pisang dan melon.
 

source: https://www.bepgiadinh.com
baca juga



Vitamin D, Kalsium, dan Magnesium

Selama trimester kedua kehamilan, kamu wajib banget mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium, magnesium, dan vitamin D. Ketiga nutrisi ini berfungsi dalam membentuk dan memperkuat tulang dan gigi bayimu di dalam kandungan, lho.  Nah, untuk mendapatkan 3 nutrisi ini, kamu bisa langsung mengonsumsi makanan seperti alpukat, keju, greek yogurt, selai kacang, dan biji bunga matahari, ladies. It makes your life much easier, right?
 

source: http://www.istockphoto.com



Omega 3

Beautynesian perlu mengonsumsi zat Omega 3 juga lho! Omega 3 merupakan salah satu zat terpenting yang berperan dalam perkembangan fungsi otak janin kamu, ladies. Jadi, pastikan kamu mengonsumsi makanan yang kaya akan Omega 3 seperti ikan salmon, kuning telur, ikan sardine, dan ikan kembung.
 

source: http://www.wellfitandfed.com
baca juga



Vitamin A

Kamu juga perlu meingkatkan konsumsi vitamin A pada trimester kedua ini, ladies. Vitamin A ini diperlukan janinmu dalam proses perkembangan embrio, metabolisme lemak, pertumbuhan sel jantung, mata, dan telinga, menjaga kesehatan kulitnya, serta melindungi janinmu dari potensi infeksi. Selain itu, vitamin A juga dapat membantumu dalam memperbaiki jaringan setelah melahirkan dan memperkuat tubuhmu dalam memerangi infeksi, lho!

Kamu bisa mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar seperti tomat, paprika, wortel, dan apel, jambu biji, mangga, serta produk dairy yang rendah lemak. Di sisi lain, kamu sebaiknya tidak mengonsumsi hati ataupun produk makanan yang mengandung hati karena dapat menjadi racun bagi bayimu, ladies. You always want to keep your baby safe, right?
​​​​​​​

source: https://blog.hellofresh.com