1. Ciptakan Pola Makan yang Sehat

Moms, coba perhatikan pola makan anak selama ini. Salah satu penyebab anak menjadi obesitas adalah karena pola makannya yang tidak sehat dan sembarangan. Beberapa hal yang wajib Moms lakukan saat mengatur pola makan anak yang lebih sehat di antaranya: 
  • Selalu sediakan sayur dan buah-buahan
Sajikan sayur dalam menu makanan sehari-hari untuk anak. Agar lebih menarik, masaklah sayuran yang berwarna-warni seperti wortel, labu, selada, brokoli, kentang dan lain-lain. Selain itu, jangan lupa memberikan anak buah-buahan setiap hari sebagai camilan. 
  • Jangan lewatkan sarapan
Tahu nggak Moms? Tidak sarapan berisiko menyebabkan anak obesitas lho. Penyebabnya, kemungkinan anak akan mengonsumsi porsi makanan yang lebih besar saat makan siang akibat perut yang kosong. Sarapan sehat dapat berupa oatmeal, seral dicampur susu rendah lemak dan buah-buahan. 
  • Hindari makanan yang manis-manis
Tubuh sudah mendapatkan asupan gula dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Jadi, jika anak mengonsumsi makanan manis seperti puding, permen, donat cokelat dan camilan lainnya yang mengandung kalori kosong, maka dalam sebulan saja berat badan anak akan semakin naik. Untuk itu, batasi camilan yang manis-manis atau jangan memberikannya sama sekali. 
  • Atur waktu makan anak
Demi kesehatan yang baik, anak perlu makan 3 kali sehari ditambah camilan 2 kali sehari. Usahakan waktu makan anak teratur. Jadi anak tahu kapan ia boleh makan dan kapan tidak. 
  • Batasi makanan cepat saji
Kalau mengajak anak makan di luar, hindari membawanya ke restoran cepat saja (fast food) karena merupakan penyebab obesitas. 
 
1. Ciptakan Pola Makan yang Sehat
source: https://www.eatright.org

 

2. Berikan Makanan yang Mengandung Lemak Sehat

Tidak semua lemak berkontribusi terhadap penambahan berat badan. Jadi alih-alih mencoba mengurangi lemak dari makanan anak, lebih baik mengganti sumber lemak tidak sehat dengan lemak sehat. Hindari lemak yang berbahaya bagi kesehatan seperti yang ada di dalam makanan ringan kemasan, gorengan, keripik dan aneka makanan yang mengandung lemak trans.  Tambahkan lebih banyak asupan lemak sehat yang dapat membantu anak mengontrol gula darah dan menghindari diabetes. Makanan tersebut seperti alpukat, minyak zaitun, kacang, ikan berlemak, kedelai, tahu dan sayuran seperti kale dan bayam.
 
2. Berikan Makanan yang Mengandung Lemak Sehat
source: http://www.poandpo.com

 
baca juga

3. Perhatikan Porsi Makan Anak

Ada beberapa strategi yang dapat diterapkan saat menangani anak yang selalu makan dengan porsi besar, yaitu: 
  • Coba batasi asupan kalori anak dengan memberikan makanan dengan porsi reguler saja. 
  • Selalu baca informasi mengenai porsi pada label makanan dan minuman. Ikuti aturan label tersebut ya!
  • Sebaiknya gunakan piring yang lebih kecil saat makan.
  • Makanan berkalori tinggi seperti pizza, keju dan cokelat sebaiknya dibagi-bagi menjadi potongan kecil. Tawarkan potongan yang lebih sedikit kepada anak. 
  • Saat makan di luar, pesan makanan dengan porsi khusus anak-anak.
3. Perhatikan Porsi Makan Anak
source: https://www.healthymummy.com

 

4. Ajak Anak untuk Banyak Bergerak

Mungkin sekarang makin sulit mengajak anak-anak untuk bermain di luar, tidak seperti dulu. Padahal bermain di luar rumah merupakan cara alami bagi anak untuk bergerak aktif dan membakar kalori. Jangan khawatir Moms. Kamu tetap bisa mengajak anak bergerak aktif dengan melakukan beberapa cara berikut: 
  • Bermain di dalam rumah seperti bermain petak umpet. 
  • Mengajak anak untuk membantu pekerjaan rumah tangga yang ringan seperti membuang sampah, membereskan tempat tidur dan sebagainya. 
  • Daftarkan anak untuk mengikuti les yang menuntut badan aktif seperti beladiri dan olahraga. 
  • Membawa anak bermain ke taman atau playground yang ada di mal. 
4. Ajak Anak untuk Banyak Bergerak
source: http://window-movie-maker.com

 
baca juga

5. Batasi Screen Time

Semakin sedikit anak bermain gadget dan komputer, maka semakin banyak ia bergerak aktif. Untuk hal ini orangtua perlu menjadi contoh bagi anak. Berikan batasan terkait bermain gadget dan menonton televisi misalnya hanya maksimal 1 jam sehari. Selain itu, jangan sekali-kali mengizinkan anak makan sambil menonton TV. 
 
5. Batasi Screen Time
source: http://www.teachhub.com

Nah, itu dia beberapa cara untuk mengatasi anak obesitas, Moms. Semoga membantu!