1. Berikan Tambahan Air

Bayi yang diberi susu formula cenderung lebih mudah sembelit. Kenapa? Karena susu formula lebih sulit dicerna daripada ASI. Untuk itu, saat membuat susu untuk bayi, tambahkan lebih banyak air supaya tidak terlalu kental. Terlalu banyak bubuk akan membuat bayi lebih mudah mengalami konstipasi. 
 
1. Berikan Tambahan Air
source: https://192abc.com

 

2. Berikan Jus Buah

Untuk bayi yang sudah mulai makan, berikan jus buah sebagai penolong mengatasi sembelit. Jus buah yang disarankan seperti jus pir dan apel. Kedua jus ini diyakini dapat mengatasi konstipasi pada bayi secara alami. Untuk ukuran jus sekitar 1/4-1/2 gelas.
 
2. Berikan Jus Buah
source: https://www.constipation-remedies-for-all.com

 
baca juga

3. Makanan Kaya Serat

Pisang, bubur beras, wortel, dan keju adalah makanan yang sering diberikan sebagai menu MPASI untuk bayi. Makanan-makanan ini ternyata cenderung membuat kotoran lebih keras, Moms. Untuk itu saat bayi sembelit, coba berikan buah-buahan seperti aprikot, pir dan plum yang kaya serat dan mengandung air untuk membantu meredakan konstipasi pada bayi. 


 
3. Makanan Kaya Serat
source: https://www.pernenat.al

 

4. Senam Gowes

Untuk merangsang usus bayi, coba lakukans senam gowes atau gerakan mengayuh sepeda pada bayi. Baringkan bayi lalu pegang kedua kakinya dan gerakkan seperti sedang mengayuh sepeda. Gerakan ini akan membantu mengurangi tekanan pada perut dan membantu usus bergerak. 
 
4. Senam Gowes
source: http://www.worldofmoms.com

 
baca juga

5. Ganti Susu Formula

Setiap bayi bereaksi berbeda terhadap bahan-bahan dari masing-masing jenis susu formula. Untuk itu, cobalah beberapa merek untuk mengetahui susu formula mana yang paling dapat ditolerir perut bayi. Pilih susu formula yang kandungan laktosanya rendah ya, Moms! 
 
5. Ganti Susu Formula
source: https://www.herfamily.ie

 

6. Pijat Bagian Perut Bayi

Menyamankan bayi yang sembelit dapat dilakukan dengan memberikan pijatan yang lembut dan pelan pada bagian perut. Salah satu pijat yang cukup populer adalah pijat I Love You. Berikut langkah-langkah melakukan pijat I Love You dengan benar: 
  1. Posisikan bayi dalam keadaan terlentang atau berbaring. 
  2. Gunakan telapak tangan membentuk huruf "I" di sisi sebelah kiri perut sambil sedikit ditekan perlahan.
  3. Setelah itu, pijat membentuk huruf “L” dimulai dari sisi atas sebelah kanan melintang, kemudian menurun di sisi sebelah kiri perut.
  4. Bentuk huruf "U" terbalik dengan perlahan dan lembut. 
Lihat reaksi bayi, apabila menangis itu karena kamu menekan perutnya terlalu keras. Jangan lupa gunakan baby oil agar pijatan lebih terasa ya, Moms! 
 
6. Pijat Bagian Perut Bayi
source: https://www.popsugar.com

 

7. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat akan menenangkan hampir semua orang, termasuk bayi. Air hangat akan membantu bayi rileks, sehingga tidak terlalu merasakan sakit karena sembelit. Setelah mandi, Moms bisa mengaplikasikan pijat I Love You segera kepada bayi. 
 
7. Mandi Air Hangat
source: https://www.tinytotscompany.co.uk