Apa yang Menyebabkan Sembelit Selama Kehamilan?

Rasa khawatir, cemas, berolahraga fisik kurang, dan diet rendah serat dapat ternyata merupakan penyebab sembelit saat hamil. Konstipasi pada ibu hamil diperkirakan terjadi karena hormon yang mengendurkan otot usus dan dengan tekanan rahim yang meluas pada usus. Relaksasi otot usus menyebabkan makanan dan limbah bergerak lebih lambat melalui sistem pembuangan. Terkadang sembelit terjadi setelah kamu mengonsumsi suplemen zat besi.

Nah, agar tidak berdampak pada saluran cerna, maka kamu harus banyak minum air putih jika mengonsumsi suplemen zat besi. Kamu mungkin perlu beralih ke jenis suplemen zat besi yang berbeda, namun sebaiknya konsultasikan pada dokter kandungan terlebih dahulu.

source: http://health.liputan6.com


 

baca juga

Bagaimana Mencegah dan Mengatasinya?

Setelah tahu penyebab sembelit saat hamil, berikut beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu mencegah sembelit dan cara mengatasinya saat kamu terlanjur mengalaminya.

1. Konsumsilah makanan berserat tinggi: Idealnya, Anda akan mengkonsumsi 25 sampai 30 gram per hari serat makanan dari buah-buahan, sayuran, sereal sarapan, roti gandum, plum dan dedak.

2. Minum banyak air putih: Minum banyak air putih, terutama menambah asupan serat. Minum 10 sampai 12 gelas air putih setiap hari. Ini adalah kombinasi dari diet tinggi serat dan banyak cairan yang sangat membantu kamu memperlancar buang air besar. Keringat, iklim panas/lembap, dan olahraga dapat meningkatkan kebutuhan kamu akan cairan tambahan.

3. Berolahraga secara rutin: Jika kamu tidak aktif, maka kamu lebih berisiko mengalami konstipasi. Berjalan, berenang dan olahraga ringan lainnya membantu usus bekerja dengan menstimulasi perut kamu. Jadwalkan latihan tiga kali seminggu selama 20-30 menit.

4. Minum obat: Ada obat yang dijual bebas dan dapat dijual bebas seperti Metamucil (Kategori B) yang dapat membantu melembutkan gerakan usus dan mengurangi sembelit. Tapi ingat, sebelum menggunakan obat jenis apapun selalu konsultasi dengan dokter.

5. Mengurangi atau menghilangkan suplemen zat besi: Suplemen zat  besi dapat menyebabkan konstipasi. Nutrisi yang baik seringkali dapat memenuhi kebutuhan zat besi kamu selama kehamilan. Usahakan mengonsumsi suplemen zat besi dalam dosis lebih kecil untuk mengurangi sembelit. Bicaralah dengan dokter dan lakukan pemeriksaan kadar zat besi kamu untuk mendapatkan rekomendasi bagaimana mengelola asupan zat besi selama kehamilan.

source: http://www.labuenasaludesvida.com

Semoga bermanfaat!