1. Kesehatan Bayi

Apabila berat badan bayi mengalami kenaikan yang stabil, maka itu adalah pertanda bayi mendapatkan cukup ASI. Mungkin pada minggu pertama setelah bayi dilahrikan, berat badannya akan susut sekitar 5-10%, namun hal ini normal. Setelah itu, berat badan bayi akan perlahan naik minggu demi minggu. Untuk itu, selalu timbang berat badan bayi untuk mengetahui apakah bobotnya naik atau tidak ya, Moms! 
 
1. Kesehatan Bayi
source: https://vasarnap.ujszo.com

 

2. Jumlah Popok

Bayi yang mendapat cukup ASI akan buang air kecil atau mengeluarkan urine setidaknya 6-8 kali dalam sehari. Untuk membantu bayi tetap nyaman dan menjaga kesehatannya, pastikan untuk mengganti popok bayi sehabis buang air kecil ya. Hitung jumlah popok yang diganti ya. Oh ya, jangan khawatir apabila di hari pertama kelahirkan bayi, popoknya hanya diganti 2 kali dalam sehari. Itu karena bayi masih meminum cairan kolostrum dan baru belajar menyusu. 
 
2. Jumlah Popok
source: https://happylittlecamperbaby.com

 
baca juga

3. Warna Feses/BAB

Apabila bayi mendapat ASI yang cukup, warna feses atau BAB bayi akan berubah menjadi kuning gelap pada minggu kedua setelah lahir. Bayi dengan ASI eksklusif juga buang air besar lebih dari sekali sehari. Tapi hal ini tidak berlaku kepada semua bayi ya, Moms. Ada pula bayi yang selalu disusui yang BAB tidak teratur selama beberapa hari. Nah, kalau BAB bayi warnanya gelap dan kecil-kecil, itu berarti bayi mengalami dehidrasi.
 
3. Warna Feses/BAB
source: http://www.momjunction.com

 

4. Cara Bayi Menelan

Hal ini akan membutuhkan konsentrasi dan fokus. Coba perhatikan dengan baik ketika bayi menyusu. Kamu akan mendengar dan melihat gerakan bayi menelan setiap tegukan ASI. Biasanya ada gerakan kecil pada rahang bawah ataupun leher bagian atas saat bayi menelan. Selain itu, perhatikan latch on atau perlekatan. Jika latch on telah sempurna dan bayi menelan ASI, maka bayi telah menyusu dengan baik. 
 
4. Cara Bayi Menelan
source: https://www.tesco-baby.com

 
baca juga

5. Reaksi Bayi

Apabila bayi terlihat puas, aktif dan bahagia setelah menyusu, kemungkinan kenyang karena telah cukup mendapatkan ASI, Tapi, jika rewel setelah menyusu, ada kemungkinan bayi masih lapar.

6. Perhatikan Payudara
Setelah menyusui, payudara akan terasa ringan dan lembut menunjukkan bahwa suplai ASI telah kosong karena diberikan kepada bayi. 
 
5. Reaksi Bayi
source: https://www.verywellfamily.com

 

7. Frekuensi Menyusui

Pada bulan pertama, biasanya bayi perlu menyusu setiap 2-3 jam atau 10-12 kali dalam sehari. Masuk ke bulan kedua, frekuensi menyusui mungkin berkurang menjadi 8-9 kali, dan di bulan ketiga akan menjadi 7-8 kali. Selain lapar, bayi minta disusui karena mencari kenyamanan dan rasa aman. Untuk itu, kamu perlu mengecek popok bayi apakah basah atau tidak setelah menyusu. 
 
7. Frekuensi Menyusui
source: http://www.slate.com

Nah, itu dia beberapa reaksi dan perkembangan bayi yang mendapat cukup ASI, Moms. Semoga membantu ya!