1. Oatmeal

Makanan sehat yang pertama yang wajib ada di rumah adalah oatmeal. Oatmeal dapat menjadi menu sarapan yang lezat dan bergizi. Kenapa oatmeal wajib ada? Alasannya karena makanan kaya serat ini bermanfaat untuk menurunkan kolestrol, menyehatkan jantung dan membuat kenyang lebih lama. Selain orang tua, oatmeal juga bisa diberikan kepada anak-anak. Cara menyimpan oatmeal adalah menyimpannya di dalam toples, tutup rapat dan letakkan di tempat kering. 
 
1. Oatmeal
source: https://www.macheesmo.com

 

2. Beras Merah

Coba deh ganti beras putih dengan beras merah di rumah, Moms. Beras merah diklaim lebih sehat dari beras putih karena mengandung banyak nutrisi dan dapat mengontrol gula darah sehingga dianjurkan bagi penderita diabetes. Beras merah juga kaya serat sehingga membuat kenyang lebih lama. Sementara buat kamu yang dalam proses menurunkan berat badan, konsumsilah beras merah. 
 
2. Beras Merah
source: http://www.thehealthsite.com

 
baca juga

3. Telur

Makanan sehat yang tak pernah absen untuk tersedia di rumah adalah telur. Telur kaya protein rendah kalori sehingga baik dikonsumsi anak-anak maupun orangtua. Telur cukup mudah didapatkan dan harganya cukup terjangkau, sehingga tak ada alasan untuk tidak mengonsumsinya. Selain telur ayam, kamu juga menyajikan telur bebek sebagai makanan sehat untuk keluarga. 
 
3. Telur
source: https://www.wellandgood.com

 

4. Wortel

Beranjak ke sayur-sayuran, yang harus ada dalam daftar belanja bulananmu adalah wortel. Sayur berwarna oranye ini memiliki manfaat yang sangat melimpah dan rasanya enak. Di dalam wortel terdapat beta karoten yang bermanfaat sebagai zat antioksidan, juga kaya serat, vitamin K dan kalium. Selain bisa dimakan mentah, wortel juga bisa dibuat menjadi bahan sup, dimasak dengan telur dan dibuat jus. 
 
4. Wortel
source: http://lahuertadeceres.com

 
baca juga

5. Bawang Putih

Bawang putih adalah jenis bahan dapur yang harus selalu ada. Selain memberikan aroma yang sedap pada masakan, bawang putih juga berkhasiat untuk kesehatan. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa bawang putih baik untuk kesehatan jantung, sistem pencernaan dan dapat mencegah munculnya kanker. 
 
5. Bawang Putih
source: http://www.momjunction.com

 

6. Tomat

Buat kamu penggemar saus tomat, coba deh ganti dengan mengonsumsi tomat segar. Tomat segar selalu lebih baik karena tidak mengandung bahan pengawet. Tomat perlu selalu ada di dapur karena selalu diperlukan saat memasak. Misalnya saat membuat sandwich untuk sarapan, Moms perlu tomat sebagai isian. Sama halnya saat membuat sup, tomat perlu untuk membuat lebih segar. Tomat juga bisa dinikmati mentah sebagai jus. Kandungan gizi tomat melimpah ruah. Di dalamnya terdapat likopen, salah satu antioksidan alami paling kuat yang membantu memerangi radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, tomat juga kaya akan alfa-karoten, beta-karoten, lutein, kalori, gula, vitamin A, dan vitamin C. 
 
6. Tomat
source: https://www.superseeds.com

 

7. Olive Oil

Untuk memasak makanan tertentu, Moms perlu minyak. Agar tetap sehat, maka cobalah pakai minyak zaitun atau olive oil, terutama saat menumis. Minyak zaitun direkomendasikan karena mengandung kadar lemak jenuh rendah. Efek menggunakan minyak zaitun saat memasak dapat mengurangi risiko kanker dan stroke, menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi, mencegah diabetes dan penyakit jantung. Selain untuk memasak, olive oil juga bisa dimanfaatkan sebagai campuran dressing saat membuat salad, Moms! 
 
7. Olive Oil
source: https://www.adayroi.com