1. Perut Terasa Kram

Biasanya ibu hamil akan merasakan kram di bagian rahim di awal-awal kehamilannya. Namun, tak banyak yang menyadari tanda ini karena hampir serupa dengan gejala menstruasi, di mana bagian bawah perut terasa kram, nyeri dan panas. 
 
1. Perut Terasa Kram
source: http://meonuoicon.com

 

2. Pusing dan Sakit Kepala

Selama kehamilan akan terjadi perubahan hormon. Selain itu, volume darah akan meningkat di masa-masa kehamilan. Efeknya, ibu hamil akan merasa sedikit pusing dan sakit kepala pada trimester pertama atau saat hamil muda. Mengapa tanda-tanda hamil muda ini sering tidak disadari? Alasannya, sakit kepala dan pusing merupakan penyakit yang datang kapan saja dan menyerang siapa saja. Kemungkinan ibu akan mengabaikannya apalagi jika pusingnya masih bisa ditahan. 

 
2. Pusing dan Sakit Kepala
source: https://baby-pedia.com

 
baca juga

3. Muncul Jerawat

Muncul jerawat dan perubahan kulit lainnya juga bisa menjadi gejala kehamilan. Mungkin ibu hamil tidak menyadari gejala kehamilan ini karena beranggapan jerawat muncul akibat tidak cuci muka sebelum tidur, terkena debu, produk skincare tidak cocok ataupun akibat makanan yang dikonsumsi.
 
3. Muncul Jerawat
source: https://usercontent1.hubstatic.com/13244356_f520.jpg

 

4. Keputihan

Keputihan, tanpa gatal atau terbakar, juga bisa menjadi tanda-tanda hamil muda. Keputihan di awal-awal kehamilan bertujuan untuk melindungi janin agar tidak terkena infeksi. Karena keputihan adalah hal umum yang dialami setiap wanita dan biasanya terjadi sebelum menstruasi, banyak wanita yang tidak menyangka kalau keputihan juga merupakan tanda kehamilan. 
 
4. Keputihan
source: http://parenting.firstcry.com

 
baca juga

5. Mood Swings

Perubahan hormon selama kehamilan tidak hanya memengaruhi kondisi fisik saja, namun juga suasana hati ibu hamil. Oleh karenanya, tak sedikit ibu yang mengalami perubahan suasana hati (mood swings) di awal-awal kehamilan. Dari senang tiba-tiba menjadi sedih, sensitif, mudah marah dan merasa tidak nyaman berada di sekitar orang lain. 
 
5. Mood Swings
source: http://antitranspirationexcessive.com

 

6. Sembelit

Meningkatnya hormon progesteron dalam tubuh selama hamil akan memengaruhi banyak hal, salah satunya sistem pencernaan. Peningkatan kadar hormon ini menyebabkan pencernaan lebih lambat sehingga ibu hamil rentan mengalami sembelit atau konstipasi. Nah, apabila Moms mengalami gejala ini dan disertai dengan gejala kehamilan yang lain, coba segera periksa ke dokter. Selain itu, untuk meredakan sembelit konsumsilah makanan tinggi serat. 
 
6. Sembelit
source: http://virtualdr.ir

 

7. Kelelahan

Kelelahan mudah terjadi pada ibu hamil, akibat tubuhnya mengalami beberapa perubahan karena tumbuh janin di dalam rahimnya. Selain itu, peningkatan hormon progesteron selama hamil ternyata menyebabkan ibu lebih mudah mengantuk. 
Untuk itu, kenali tubuhmu sendiri ya, Moms. Jika tiba-tiba merasa lelah tanpa penyebab dan disertai dengan gejala kehamilan yang lain, maka coba lakukan tes kehamilan. Siapa tahu hasilnya positif. 
 
7. Kelelahan
source: http://pma.eugin.fr