1. Latih Otok Punggung Semenjak Bayi

Selama ini kita beranggapan jika memperkuat otot-otot kaki akan membantu anak cepat berjalan. Memang tidak salah, namun otot punggunglah yang memiliki peran sentral membantu anak berjalan. Untuk memperkuat otot punggung, orang tua harus sering-sering melatih anak untuk mengangkat kepala dan leher semenjak bayi. Selain itu, biasakan bayi tengkurap. Hal-hal ini akan mengajarkan bayi mengontrol ototnya dan membantunya cepat belajar berjalan. 
 
1. Latih Otok Punggung Semenjak Bayi
source: https://www.todaysparent.com

 

2. Latih Keseimbangan dan Koordinasi

Keseimbangan sangat penting saat berjalan. Latih dan stimulasi kemampuan koordinasi dan keseimbangan bayi sejak mulai duduk. Caranya dengan melempar bola ke arah dan menjauh dari bayi. Permainan ini akan mendorong bayi menjaga keseimbangan sambil bergerak maju dan mundur, dan bergerak dari satu sisi ke sisi lain.
 
2. Latih Keseimbangan dan Koordinasi
source: http://www.mumtips.com.au

 
baca juga

3. Mengajak Bayi Bermain

Tips mendidik anak berjalan selanjutnya adalah dengan mengajaknya bermain aktif dan menyenangkan. Contohnya, sambil merangkak kamu mengejar bayi yang sedang merangkak . Dengan cara ini, bayi akan merangkak lebih cepat dan belajar mengendalikan tangan dan kakinya, yang penting untuk menstimulasi kemampuan berjalannya. 
 
3. Mengajak Bayi Bermain
source: https://www.checkpregnancy.com

 

4. Pegang Bayi saat Berjalan

Sangat penting membantu anak mulai berjalan dengan memeganginya terlebih dahulu. Pegang bagian di atas tulang rusuk bayi, dan biarkan kakinya berpijak pelan di lantai. Saat bayi sudah semakin stabil, ubah pegangan ke bagian pinggul untuk memastikan otot-ototnya tetap kuat dan stabil.
 
4. Pegang Bayi saat Berjalan
source: http://www.newkidscenter.com

 
baca juga

5. Pancing dengan Mainan

Kamu dapat memancing bayi berdiri dengan memperlihatkan mainan atau benda-benda menarik. Begitu bayi mulai berdiri sendiri tanpa dibantu, kepercayaan dirinya akan bertambah sehingga membuatnya ingin mencoba hal baru yaitu berjalan. Menarik perhatian anak dengan mainan akan merangsangnya bergerak dan menjaga keseimbangan. Gunakan mainan yang membuat bayi merasa penasaran, seperti mainan yang mengeluarkan musik dan menghasilkan cahaya. 
 
5. Pancing dengan Mainan
source: https://s.hswstatic.com

 

6. Biarkan Bayi Belajar Jalan dengan Kaki Telanjang

Bayi dapat berjalan dengan mudah tanpa alas kaki, karena kakinya dapat merasakan pijakan pada lantai apabila dibiarkan telanjang, dibandingkan ketika mengenakan kaus kaki dan sepatu. Hal ini tentu akan membantu anak lebih cepat berjalan. Jangan lupa memastikan lantai yang dipijak bayi bersih dan tidak terdapat benda yang bisa melukai kakinya ya, Moms! 
6. Biarkan Bayi Belajar Jalan dengan Kaki Telanjang
source: https://youaremom.com

Nah, itu dia beberapa tips melatih atau mendidik anak berjalan. Good luck, Moms!