Biasanya jenis (Infeksi Saluran Kemih) ISK yang banyak dialami oleh wanita adalah sistisis, gejalanya adalah rasa sakit saat kita hendak buang air kecil. Tak hanya itu, kita juga biasanya memiliki kehendak untuk terus buang air kecil padahal jumlah air kencing yang keluar hanya sedikit atau sering disebut anyang-anyangan. Kita juga akan merasakan sakit di pinggang, perut bagian bawah tepatnya di tulang kemaluan, bahkan hal terparahnya disertai muntah.

Jangan Disepelekan, Moms! Infeksi Saluran Kemih Saat Hamil Berbahaya, Lho!
source: https://obatinfeksisalurankencingpadaibuhamil.wordpress.com/

Perlu Moms ketahui ada ISK yang tidak menimbulkan gejala disebut dengan asimtomatis. Pada dasarnya, Infeksi Saluran Kemih dapat disebabkan oleh kebiasaan yang tidak baik (kurang minum, menahan kemih), kateterisasi, dan penyakit serta kelainan lain.

Bahaya ISK Saat Hamil

Jangan Disepelekan, Moms! Infeksi Saluran Kemih Saat Hamil Berbahaya, Lho!
source: http://beritaharianmu.com/

Infeksi saluran kemih yang tak menunjukkan gejala sangat berbahaya bagi kesehatan. Karena tanpa kita sadari, penyakit tersebut akan menggerogoti organ kelaminnya secara terus-menerus. Jadi, orang yang terinfeksi tidak tahu dan biasanya malah menjadi kronis ketika baru mengetahuinya.

Perlu Moms ketahui infeksi saluran kemih saat hamil sangat berbahaya, bisa menyebabkan infeksi ginjal, bahkan fatalnya bisa mengakibatkan keguguran atau kelahiran prematur. Tak hanya itu, infeksi saluran kemih yang berat bisa menyebabkan infeksi yang parah atau meluas (sitemik), kondisi inilah  yang akan menyebabkan kelahiran prematur. Pada dasarnya, infeksi saluran kemih akut juga sering mempengaruhi infeksi pada dinding rongga amnion (ketuban). Nah, hal tersebutlah mom yang memicu ketuban pecah dini, dan bisa menimbulkan risiko infeksi pada janin.

Sebenarnya, infeksi saluran kemih pada ibu hamil memang sangat wajar dan sering terjadi. kondisi ini dikarenakan pertumbuhan janin yang memiliki tekanan yang kuat pada saluran kemih dan kandung kemih. Kondisi tersebutlah yang bisa menyebabkan bakteri mengendap, menyebar, dan menimbulkan infeksi.

baca juga

Gejala ISK

Jangan Disepelekan, Moms! Infeksi Saluran Kemih Saat Hamil Berbahaya, Lho!
source: http://alodokter.com
  • Rasa sakit atau panas atau sensasi terbakar terutama saat buang air kecil
  • Lebih sering buang air kecil (bekser) dengan volume air kencing yang sedikit, sehingga tidak tuntas
  • Dalam kondisi yang parah sama sekali tidak bisa menahan ketika ingin buang air kecil
  • Terdapat darah atau lendir yang ditemukan pada urin
  • Kram perut bagian bawah atau nyeri perut melilit
  • Sakit saat berhubungan seksual (dalam kondisi ini Moms tidak disarankan berhubungan seksual karena bisa menyebabkan abortus imminens)
  • Sering merasa buang air kecil tanpa disadari
  • Beberapa kali buang air kecil tapi dalam volume yang sangat banyak.
  • Urin berwarna lebih keruh, memiliki aroma yang sangat kuat atau berbau tidak enak.
  • Perasaan tertekan pada bagian kantung kemih, nyeri yang sangat kuat dibawah perut.
  • Sakit punggung yang sangat berat sebagai pertanda ketika bakteri telah menyebar ke bagian ginjal.
  • Mual dan muntah jika kondisi infeksi sudah semakin berat termasuk penyebaran bakteri ke ginjal dan organ lain.