1. Sansevieria (Lidah Mertua)

Kamu pasti akan tergelitik jika baru pertama kali mendengar nama dari tanaman ini. Sansevieria atau yang populer dengan sebutan lidah merua ini mempunya daun yang tebal dan banyak mengandung air. Sansevieria sangat direkomendasikan untuk kamu yang mencari tanaman hias rumah untuk menyegarkan udara di rumah sebab perannya sebaga air purifier dapar membersihkan udara serta menyaring kotoran, polusi, debu, hingga beragam jenis racun yang ada di udara.
 

source: https://www.bakker.com/


 


2. Scindapsus Aureus (Sirih Belanda)

Selanjutnya, tanaman yang juga direkomendasikan untuk menyegarkan udara di rumah adalah Sirih Belanda. Tanaman ini mempunyai ciri khas yaitu daunnya berbentuk hati dengan arah tumbuh merambat. Uniknya, Sirih Belanda ternyata juga masuk dalam kategori tanaman yang tahan dengan beragam kondisi cuaca. Manfaat menanam tanaman ini adalah untuk menyerap beragam racun dari udara seperti debu, kotoran, dan polusi seperti Formaldehida serta Benzena.
 

source: http://agrosegar.com/


 

baca juga


3. Aglaonema (Sri Rejeki)

​Bagi kamu yang sedang mencari tanaman detoksifikasi yang juga bisa mempercantik rumah, Aglaonema atau Sri Rejeki akan menjadi pilihan yang sangat tepat. Pasalnya, tanaman aglaonema terlihat pada variasi warna dan bentuk daun yang cantik dan elegan. Tidak cuma hijau, tanaman ini yang bisa menyaring udara kotor ini juga mempunyai variasi warna lain dengan kombinasi warna merah, merah muda, putih dan kuning. 
 

source: https://www.youtube.com/watch?v=lTlKYwU-ZdY


 


4. Spathiphyllum (Peace Lily)

Terakhir, tanaman yang juga bisa kamu pilih untuk detoksifikasi rumah adalah Peace Lily. Jenis tanaman dengan bunga cantik ini dapat kamu letakkan di dalam dan luar ruangan. Dengan menanam satu pot Peace Lily, beragam kotoran di dalam udara akan terserap dengan cakupan ruangan seluas 10 meter persegi. Tanaman ini juga sangat efektif dalam menyerap gas beracun jenis alkohol, aseton, trikloro hingga formaldehida.
 

source: https://www.philamyflorist.com/botanicals/spathiphyllum-peace-lily


Nah, itulah beberapa jenis tanaman detoksifikasi yang bisa dipilih untuk menyegarkan udara di rumah sekaligus menjadi interior rumah. Ingat, selain menanamnya, jangan lupa untuk mengenali cara merawat setiap jenis tanaman yang kamu pilih. Apalagi jika kamu meletakkannya di dalam ruangan. Pastikan kamu setiap satu minggu sekali mengeluarkannya untuk memberikan paparan sinar matahari dan memangkas tiap daun yang sudah layu.