Membersihkan Kulkas

Bagi kamu para ibu rumah tangga, kegiatan yang perlu dijadwalkan secara rutin adalah membersihkan kulkas. Academy of Nutrition and Dietetics bahkan memberikan anjuran untuk membersihkan kulkas setidaknya satu minggu sekali. Hal ini penting untuk memastikan seluruh bahan makanan yang kamu simpan di kulkas masih dalam kondisi baik dan tidak terkontaminasi bakteri apa pun.
​​​​​​​

Moms Wajib Tahu, Ini Lho Tips Membersihkan Kulkas yang Benar dan Efektif
source: https://fitbottomedgirls.com/


 


Langkah-Langkah Membersihkan Kulkas

1. Siapkan Pembersih Kulkas
Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan menyiapkan segala perlengkapan dan peralatan pembersih kulkas. Salah satu yang paling penting adalah menentukan cairan pembersih yang aman dan tanpa kandungan senyawa kimia pekat. Namun, kamu lebih disarankan untuk membuat cairan pembersih sendiri dengan mencampurkan air dengan cuka. Selain itu, pastikan juga kamu menggunakan kain lap dan sikat yang bersih serta steril.

2. Kosongkan Kulkas Dari Makanan
Setelah itu, kosongkan kulkas dengan mengeluarkan seluruh bahan makanan yang kamu simpan di dalamnya. Pastikan kamu mengeluarkannya sambil memeriksa tanggal kadaluarsa dan kesegaran dari semua bahan makanan yang kamu simpan. Hindari menyimpan bahan makanan yang sudah mulai membusuk karena akan mencemari udara di dalam kulkas nantinya. 

3. Keluarkan Seluruh Bagian Rak dan Laci Kulkas
Jangan lupa untuk mengeluarkan seluruh bagian dari rak dan laci yang dapat dilepas dari kulkas. Kemudian, rendam dalam air hangat yang telah dicampur dengan detergen atau cairan antibakteri. Jika sudah, sikat hingga bersih hingga memastikan bahan makanan yang tumpah dan mengotori sekat-sekat bersih.

4. Keringkan Seluruh Bagian Kulkas
Bersihkan pula seluruh bagian kulkas secara menyeluruh. Pastikan kamu memerhatikan tiap sudut kulkas dengan saksama agar tidak ada kotoran yang tersisa pada bagian tersebut. Sikat dan lap dengan menggunakan kain yang sudah direndam dengan air cuka. Kemudian, basuh kembali dengan lap yang sudah diberi air perasan jeruk lemon untuk memberikan aroma harum dan alami.

5. Bersihkan Bagian Freezer
Tidak lupa untuk membersihkan area freezer untuk menghindari air es yang melelh dan membasahi bagian bawah kulkas. Jika kamu melihat bunga es sudah mulai mencair, segera lepaskan bunga es dengan menggunakan sendok atau alat bantu apapun. Baru kemudian kamu dapat membersihkan bagian freezer sama seperti membersihkan bagian dalam kulkas.
 

Moms Wajib Tahu, Ini Lho Tips Membersihkan Kulkas yang Benar dan Efektif
source: https://fr.123rf.com/


 

baca juga


Tutorial Membersihkan Kulkas Tanpa Ribet

Nah, untuk kamu yang tidak ingin kerepotan membersihkan kulkas dengan cara yang bertele-tele. Ada juga lho cara singkat untuk mendapatkan kulkas bersih dengan waktu singkat dan praktis. Intip videonya berikut ini!
 

youtube:W1TGLwj8xho
source: https://www.youtube.com/watch?v=W1TGLwj8xho
CARA MEMBERSIHKAN KULKAS (simpel dan harus rutin)


Jangan lupa untuk terus menjaga kebersihan kulkas agar saat membersihkannya kamu tidak memiliki banyak PR yang perlu dilakukan. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!