Basil

Bagi kamu yang gemar memasak sajian ala Eropa, khususnya makanan Italia, tanaman yang satu ini wajib banget untuk kamu coba. Ya, basil merupakan jenis tanaman yang dapat dengan mudah dirawat di dalam pot. Kamu dapat menggunakan basil ini dalam sajian saus pasta. Jika kamu menanamnya di rumah, tentu akan sangat menguntungkan mengingat harganya yang sangat mahal.  Daun basil ini juga memiliki bau yang cukup tajam, serupa dengan aroma kemangi. Jika kamu menanamnya di rumah, tanaman ini juga dapat menjadi pengusir serangga.
 

source: https://www.health.com/


 


Oregano

Selain basil, tanaman yang juga direkomendasikan untuk kamu tanam di rumah adalah Oregano. Oregano ini juga memiliki aroma sangat wangi. Biasanya digunakan sebagai tanaman untuk bahan bumbu masakan ala Mediterania dan Asia Tengah. Kalau kamu pernah mengintip berbagai resep masakan Eropa, herbs yang satu ini pasti akan selalu muncul dalam berbagai bumbu untuk makanan utama, seperti daging, ayam, hingga sayuran.
 

source: https://www.aliexpress.com/


 

baca juga

Mint

Tanaman yang satu ini pasti tidak asing untuk kamu. Ya, daun mint memang sangat terkenal untuk digunakan dalam beragam sajian makanan hingga minuman. Kamu dapat menggunakannya untuk campuran minuman seperti teh, dengan campuran madu, sereh dan jahe. Tanaman mint ini juga mudah ditanam dalam pot, lho!

 

source: https://bonnieplants.com/


 


Coriander

Asing dengan nama Coriander? Tanaman yang satu ini lebih populer dengan sebutan daun ketumbar di indonesia. Aroma kuat dari tanaman ini memang sangat bisa diandalkan untuk memberikan wangi yang khas dalam makanan. Tidak ketinggalan juga makanan ini memberikan cita rasa yang kuat sebagai rempah-rempah masakan. Biasanya, daun ketumbar digunakan untuk menu makanan seperti sop ayam, salad, kari, dan sebagainya. Selain itu, daun ketumbar juga terkenal dengan manfaat sebagai antibiotik hingga anti kanker.
 

source: http://balconygardenweb.com/


 

baca juga

Rosemary

Terakhir, tanaman herbal yang juga dapat kamu tanam di rumah adalah Rosemary. Selain digunakan sebagai bahan masakan, Rosemary juga terkenal sebagai tanaman pengusir nyamuk. Kamu dapat menanamnya di dalam pot kecil dan meletakkannya di beberapa sudut rumah yang banyak serangganya. 
 

source: http://www.brightgreen.co.uk/

Nah, itulah lima tanaman herbal yang sangat direkomendasikan untuk kamu tanam di rumah. Kamu dapat menanamnya di dalam pot kecil dan meletakkannya di dekat jendela dapur atau dekat ruang keluarga. Selain mempercantik suasana, kamu juga akan mendapatkan keuntungan seperti menghilangkan serangga dan nyamuk!