Masih banyak orang tua yang melakukan hal tersebut hanya untuk membuat anak menuruti apa maunya ayah dan ibu. Moms perlu mengetahui pula dampak buruk apa yang akan terjadi dan bagaimana kondisi mental sang buah hati. Anak-anak yang mengalami hal tersebut bisa saja mengalami traumatis, memepengaruhi psikologis anak dan memberikan pengaruh negatif yang bisa jadi terus terbawa hingga dewasa nanti. Kegiatan tersebut juga dapat mengganggu mental anak seperti post-traumatic stress diisorder, gangguan kecemasan hingga serangan panik. Misalnya saja, jika ketika si kecil dengan usia dini ditakut-takuti mengenai kondisi gelap dengan pilihan diksi yang tidak tepat maka bisa saja terjadi phobia gelap bahkan phobia ruangan sempit.

Stop, Moms! Ini Dampak Negatif Jika Menakut-nakuti Anak
source: http://duniaanak.com/
Jika kegiatan menakut-nakuti tetap dilakukan anak bisa tumbuh dengan karakter penakut, ragu-ragu, kurang percaya diri, kurang berinisiatif, bergantung kepada orang lain. Selain hal itu anak dengan rentang usia yang berbeda juga memiliki perbedaan dampak di setiap usianya.

Usia di Bawah 1 Tahun

Stop, Moms! Ini Dampak Negatif Jika Menakut-nakuti Anak
source: http://www.parenting.co.id/

Menakut-nakuti anak pada usia di bawah 1 tahun juga dapat mempengaruhi perkembangan anak. Melakukan kegiatan tersebut di usia dini juga akan membuatnya merasa tak nyaman dan tak aman.

baca juga

Usia 1 sampai 3 Tahun

Stop, Moms! Ini Dampak Negatif Jika Menakut-nakuti Anak
source: http://kabarinilah.blogspot.com/
Di usia inilah, anak akan mulai bergantung pada orang tua. Menakut-nakuti dengan hal yang mengerikan akan membuatnya terbiasa merealisasikan segala sesuatu yang dilarang adalah hal

Anak 6 sampai 9 Tahun

Stop, Moms! Ini Dampak Negatif Jika Menakut-nakuti Anak
source: https://percikaniman.id/
Pada usia ini kegiatan menakut-nakuti adalah hal yang menghalangi anak yang mulai berekplorasi.hal tersebut akan menganggu kemampuan berpikir, sehingga anak bisa saja berpikir tidak logis dan tidak rasional.
baca juga

Usia 9 sampai 12 Tahun

Stop, Moms! Ini Dampak Negatif Jika Menakut-nakuti Anak
source: http://www.kesekolah.com/

Di usia ini seharusnya anak mulai konsentrasi belajar, jika anak masih menddengar hal-hal yang membuatnya terancam atau takut, maka ia akan lebih sibuk memikirkan cara untuk mengatasi rasa takutnya ketimbang belajar. Hal ini tentu tak baik bagi tumbuh kembang anak.

Nah, Moms perlu memikirkan lebih matang untuk mendisiplinkan dan mendidik anak agar dampak-dampak negatif tersebut tidak akan pernah terjadi pada anak-anak Moms.