1. Alergi Umum

Alergi popok bayi ini merupakan alergi terhadap komponen popok tertentu. Gel penyerap pada banyak popok bayi adalah penyebab umum reaksi alergi. Beberapa bayi alergi terhadap pewarna dan wewangian yang terkandung dalam beberapa popok. Sangat jarang, bayi alergi terhadap kapas, plastik dan serat lainnya pada popok. Dalam banyak kasus, apa yang nampaknya merupakan reaksi alergi terhadap popok sebenarnya adalah alergi makanan. Jika anak kamu mengalami ruam di sekitar anusnya atau baru saja makan makanan baru, gejalanya kemungkinan disebabkan oleh makanan dan bukan popok.

source: http://www.catholicinspired.com


 

baca juga

2. Gejala Alergi Popok bayi

Alergi popok biasanya bermanifestasi sebagai bercak merah dan agak membengkak pada kulit. Kulit biasanya mentah dan sensitif terhadap sentuhan. Bayi yang lebih tua mungkin meletakkan tangan mereka di popok mereka dan berusaha meringankan rasa gatal dan terbakar di area anusnya. Beberapa alergi menyebabkan keluarnya cairan dari alat kelamin atau anus dan bercak kering pada kulit.

Ruam dan reaksi alergi lainnya sering menyerupai alergi popok, jadi penting untuk mencatat secara seksama gejala yang tepat yang dimiliki anak kamu dan konsultasikan dengan dokter anak. Demam dan muntah biasanya tidak terkait dengan reaksi alergi terhadap popok, jadi jika anak kamu memiliki gejala ini, mungkin ada yang salah.

source: http://omyo.net


 

3. Mendiagnosis Alergi Popok

Gejala yang paling umum dari alergi popok adalah iritasi konstan dimana popok menyentuh kulit, terlepas dari asupan makanan, waktu yang dihabiskan untuk popok dan faktor lainnya. Dokter anak akan menanyakan tentang kondisi dimana anak kamu mengembangkan reaksi untuk menentukan penyebab alergi. Nah, kamu bisa menggunakan lokasi ruam untuk menentukan alergi tertentu yang menyebabkan reaksinya. Misalnya, bayi yang mengalami ruam atau kemerahan di daerah genitalnya mungkin alergi terhadap gel pada popok. Bayi yang mengalami ruam di dekat bagian atas popok atau di seluruh area yang tertutup oleh popok mungkin alergi pada kain popok.

source: http://www.bothc.net


 

baca juga

4. Popok Merek Baru

Jika anak kamu tiba-tiba mengalami ruam setelah beralih ke merek popok baru, dia mungkin alergi terhadap sesuatu pada popok bayi itu. Kembali ke merek lama. Jika gejala hilang, mintalah dokter anak memeriksa anak kamu dan periksa popok yang menyebabkan ruam. Hal ini dapat membantu kamu menemukan zat tertentu yang menyebabkan anak alergi.

source: https://www.bimakuru.com