Kehamilan membuat tubuh kamu mengalami banyak perubahan, baik secara fisik maupun emosional. Hal ini disebabkan adanya perubahan hormon. Beberapa wanita berevolusi dengan kulit yang bersinar, sementara wanita lainnya cenderung terlihat lelah, kusam. Salah satu tantangan yang paling umum dihadapi wanita hamil adalah flek, juga disebut chloasma atau melasma gravidarum dalam istilah medis.

Flek saat hamil ternyata bisa menimbulkan kecemasan lho Beautynesian. Nah, sebenarnya apa itu kloasma atau melasma gravidarum? Kondisi ini sangat menonjol di kamu dengan kulit yang lebih ringan. Ini menyebabkan area bercak gelap yang membentuk wajah asli seperti topeng dengan nada gelap.

Bercak pigmentasi bisa muncul di seluruh wajah. Area utama dahi, tulang pipi, hidung, bibir atas, dan lainnya. Bisa juga muncul di seluruh wajah seperti lapisan seragam kulit gelap yang tidak dikenal, menutupi warna asli.

Flek saat hamil cenderung meningkat saat kehamilan berlanjut ke tahap persalinan dan persalinan. Kulit akan kembali normal setelah melahirkan karena saat itu hormon kamu kembali seimbang.

source: http://crownboxstore.com


 

Langkah untuk Mencegah Flek Saat Hamil

  1. Gunakan sun block yang bagus sebelum melangkah keluar di bawah sinar matahari. Gunakan SPF 30 secara ideal, karena akan berperan melawan sinar UVA dan UVB yang berbahaya bagi kulit. Pastikan kamu menerapkan sun block bahkan saat berada di dalam rumah karena kemungkinan sinar UV bisa terpantul ke dalam rumah.
  2. Gunakan pembersih wajah dan krim yang lembut sesuai komposisi dan ringan pada kulit kamu. Jauhi formulasi kimia yang kuat yang cenderung hanya memperparah masalah kulit. Gunakan shower gel yang lebih ringan dengan ekstrak alami dan minim bahan kimia. Jangan gunakan sabun dan gel yang mengandung banyak parfum. 
  3. Jangan gunakan agen pemutih kulit untuk menghilangkan flek saat hamil karena ini hanya akan membuat kulit kamu terlihat lebih buruk.
  4. Pastikan kamu memakai concealer ringan jika harus menghadiri pertemuan. Jangan memulas wajah kamu dengan make up yang berbahan kimia tinggi.
source: https://hellosehat.com


 

baca juga

Bagaiman Mengatasinya?

Jika kulit kamu masih menunjukkan pigmentasi gelap bahkan setelah melahirkan, mungkin sudah waktunya berkonsultasi dengan dokter kulit. Dokter kulit mungkin meresepkan beberapa hal untuk mengatasi masalah kulit kamu sebagai berikut:

  1. Krim pemutih dengan hydroquinone. Obat salep dengan tretinoin, yaitu kulit Retin-A.Chemical yang mengandung asam glikolat.
  2. Makanan dan gaya hidup memainkan peran yang sangat penting dalam penampilan dan kesehatan kamu. Meskipun tidak banyak yang bisa dilakukan dengan hormon yang digerakkan seperti chloasma, kamu dapat menjalankan pola hidup sehat dalam rutinitas sehari-hari kamu yang membantu kulit kamu pulih lebih cepat.
  3. Usahakan kamu terhidrasi sepanjang waktu. Makanan bergizi kaya akan serat, vitamin, zat besi dan protein.
  4. Rutin melakukan olahraga berkeringat. Keringat membantu pori-pori terbuka kulit untuk melepaskan racun yang tidak diinginkan.
  5. Gunakan krim wajah dan tubuh berkualitas baik yang diproduksi oleh merek terkenal.
  6. Rajin konsumsi jus buah segar dan bukan yang kaleng.
  7. Yoga dan meditasi adalah pilihan gaya hidup yang dapat membantu melawan penyakit tubuh apapun dengan cepat.
  8. Hindari stress
source: https://lifeblogid.com