1. Stres

Proses bayi tabung akan memakan waktu yang tidak sebentar karena metode ini terdiri dari beberapa proses yang cukup banyak. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap kondisi psikologi Moms di mana kamu akan merasakan harap-harap cemas dengan keberhasilan proses bayi tabung. Oleh karena itu, sebelum melakukan metode bayi tabung, Moms harus sudah mempersiapkan diri dengan segala kemungkinan buruk yang terjadi seperti gagalnya proses bayi tabung. 

 

Berencana Program Bayi Tabung? Ketahui Dulu Efek Sampingnya
source: https://www.freepik.com

2. Risiko Keguguran 

Sama seperti kehamilan normal lainnya, program bayi tabung juga tidak luput dari risiko keguguran. Namun ternyata metode bayi tabung ini juga mempunyai efek samping yakni risiko keguguran sekitar 20% lho Moms. Oleh karena itu untuk mejaga kondisi janin agar selalu dalam kondisi kuat dan sehat, Moms wajib dalam keadaan rileks dan selalu didampingi oleh suami selama masa kehamilan. Selain itu konsumsi makanan penuh gizi dan nutris agar janin tetap sehat. 

Berencana Program Bayi Tabung? Ketahui Dulu Efek Sampingnya
source: https://hellosehat.com
baca juga

3. Risiko Kerusakan Struktur Ovarium 

Perlu Moms ketahui, metode tabung ini merupakan suatu cara mempertemukan sel telur dan sperma menggunakan bantuan teknologi manusia. Efek samping yang dikhawatirkan timbul dari program bayi tabung ini adalah adanya reaksi anestesi dan kerusakan pada struktur ovarium termasuk usus dan juga kandung kemih. Oleh karena itu untuk menghindari efek samping bayi tabung, sebaiknya Moms konsultasikan secara lebih mendalam dengan dokter spesialis kandungan. 

Berencana Program Bayi Tabung? Ketahui Dulu Efek Sampingnya
source: https://coopergenomics.com

4. Kehamilan Ektopik alias di Luar Kandungan 

Metode bayi tabung juga tidak lepas dari efek samping seperti kehamilan ektopik atau di luar kandungan. Kasus kehamilan diluar kandugan pada ibu melalui program bayi tabung biasanya terjadi pada calon ibu yang memiliki masalah pada saluran fallapianya sehingga embrio tidak berkembang di rahim. Kondisi ini dapat menyebabkan janin yang berkembang di luar rahim  tersebut tidak mampu bertahan hidup. Kehamilan di luar kandungan dapat menimbulkan masalah kesehatan baru pada ibu dan harus segera diatasi.
 

Berencana Program Bayi Tabung? Ketahui Dulu Efek Sampingnya
source: https://www.freepik.com