Apa Pengaruh Lupus Bagi Ibu Hamil? 

1. Risiko Keguguran

Menurut Yayasan Lupus Indonesia, risiko kehamilan pada pasien lupus adalah nyata dan melibatkan ibu dan janin. Sekitar sepuluh persen kehamilan saat ini berakhir dengan keguguran. Kehilangan trimester pertama tampaknya tidak diketahui penyebabnya atau dikaitkan dengan tanda-tanda lupus aktif. Kelemahan selanjutnya terjadi akibat sindrom antibodi antiphospholipid, inspirasi pengobatan dengan heparin dan aspirin. Semua wanita dengan lupus, harus diskrining untuk antibodi antifosfolipid, antikoagulan lupus (RVVT dan sensitif PTT adalah baterai skrining terbaik) dan antibodi anticardioli.

Ibu Hamil dengan Penyakit Lupus, Ini Penjelasan yang Wajib Moms Tahu
source: https://www.freepik.com

2. Kelahiran Prematur dan Retardasi Pertumbuhan Intrauterine

Risiko yang sama, jika tidak lebih penting adalah risiko kelahiran prematur. Kelahiran prematur pada lupus biasanya disebabkan oleh antibodi antifosfolipid, namun karena preeklampsia dan ketuban pecah dini. Faktor risiko kelahiran prematur pada umumnya meliputi lupus aktif, prednison dosis tinggi, dan penyakit ginjal. Hipertensi ibu pada trimester kedua adalah prediktor yang baik.

Pengobatan tekanan darah ibu hamil secara berlebihan bisa mengurangi aliran darah plasenta, dan tidak dianjurkan. Kami belum menemukan faktor risiko yang memprediksi ketuban pecah dini. Selain prematur, bayi juga berisiko mengalami retardasi pertumbuhan intrauterine (IUGR). Belum banyak yang menemukan variabel klinis yang memprediksi IUGR. Sebenarnya, aktivitas lupus, prednison, dan antibodi antifosfolipid tidak memprediksi IUGR. Prediktor terbaik yang menggunakan pemantauan ultrasound adalah persentil ke-50 berat janin.

Ibu Hamil dengan Penyakit Lupus, Ini Penjelasan yang Wajib Moms Tahu
source: http://infobaby.org
baca juga

3. Risiko Ibu Hamil

Risiko maternal yang paling penting, yaitu adanya lupus flare, sebenarnya adalah yang paling kontroversial. Dalam penelitian prospektif di Hopkins dan di London, risiko flare lebih besar pada wanita hamil daripada wanita tidak hamil. Namun, pusat lainnya belum mengkonfirmasi hal ini. Mungkin ada perbedaan dalam seleksi pasien yang memperhitungkan temuan yang berbeda.
 

Ibu Hamil dengan Penyakit Lupus, Ini Penjelasan yang Wajib Moms Tahu
source: https://www.freepik.com