Persiapan Fisik

Hal pertama yang perlu kamu persiapkan menjelang kelahiran adalah dengan melakukan persiapan fisik. Untuk kamu yang akan bersalin secara normal, lakukan latihan pernapasan, atau pun senam kegel agar proses melahirkan dapat lebih mudah. Untuk persalinan secara caesar, kamu bisa melakukan senam hamil untuk menjaga tubuhmu fit saat hari H.

source: http://www.alodokter.com/senam-hamil-untuk-mempermudah-persalinan

Tentukan Metode dan Tempat Melahirkan

Menjelang hari melahirkan yang semakin dekat kamu sudah harus bisa menentukan metode dan tempat untuk melahirkan nanti. Kamu bisa berkonsultasi dengan bidan atau dokter kandungan tentang metode yang akan kamu gunakan untuk melahirkan, apakah normal atau caesar. Jangan lupa juga untuk menghubungi rumah sakit jika kamu merencanakan akan melahirkan di rumah sakit ataupun klinik bersalin.

source: https://www.parentingclub.co.id/smart-stories/metode-melahirkan-apa-yang-sesuai-dengan-rencana-anggaran-mam
baca juga

Perlengkapan Melahirkan

Nah ini yang tidak kalah penting, yaitu perlengkapan untuk melahirkan, baik itu untuk di rumah maupun barang bawaan untuk di rumah sakit. Mulai baju ganti yang nyaman seperti daster, pembalut khusus, peralatan mandi, obat-obatan pribadi hingga perlengkapan bayi harus sudah dipersiapkan sejak beberapa hari sebelum hari-H persalinan.

source: http://www.realitarelita.com/2016/07/Persiapan-melahirkan-persiapan-kebutuhan-sikecil-bayi.html