Menjemur bayi secara langsung terkena sinar matahari yang menghantarkan paparan radiasi ultraviolet B (UVB) tingkat rendah dari sinar matahari yang kemudian akan diproses dalam tubuh menjadi Vitamin D. Ada yang perlu diketahui oleh para Moms ketika melakukan kegiiatan ini, sebaiknya Moms tidak melepaskan seluruh pakaian bayi. Akan lebih baik lagi jika menggunakan topi dan kacamata kecil untuk melindngi bayi dari sinar matahari yang akan memengaruhi retina matanya.

Bahaya, Moms! Jangan Terlalu Lama Menjemur Bayi, Ketahui Akibatnya!
source: https://mamahaya.id/

Moms juga perlu mengetahui durasi dan waktu yang tepat untuk menjemur bayi. 10 sampai 15 menit adalah durasi yang cukup untuk menjemur bayi dengan waktu yang tepat antara 06:00 - 09:00 pagi. Terlalu lama menjemur bayi juga tidak baik, Moms perlu menghapus harapan bahwa menjemur bayi dengan durasi yang lama akan mendapatkan manfaat banyak bagi bayi atau untuk kesehatan bayi. Menjemur terlalu lama juga mengakibatkan bayi merasa tak nyaman dan akan menimbulkan beberapa akibat. Apa saja?

1. Kulit terbakar

Kegiatan ini memang menghadapi sinar matahari secara langsung. Jika Moms melakukannya terlalu lama akan mengakibatkan kulit bayi terbakar, bayi akan merasakan nyeri, demam bahkan dehidrasi. Kondisi seperti ini biasanya ditunjukkan dengan kulit bayi yang memerah dan panas bila disentuh.

2. Melanoma

Melanoma merupakan jenis kanker kulit yang risikonya mematikan. Terlalu lama menjemur bayi juga dapat meningkatkan risiko melanoma. Moms hanya perlu menjemur bayi dengan durasi 10 sampai 15 menit saja untuk menghindari hal-hal seperti ini.

Bahaya, Moms! Jangan Terlalu Lama Menjemur Bayi, Ketahui Akibatnya!
source: https://bukalapak.com/
Ada beberapa bayi juga yang tidak bisa menerima paparan sinar matahari. Moms perlu mengetahui bayi yang memilki kulit sensitif biasanya mudah mengalami iritasi ketika terkena paparan sinar matahari secara langsung. Selain bayi yang memiliki kulit sensitif, bayai yang terlahir prematur sebaiknya tidak dijemur di bawah sinar matahari, karena bayi prematur belum bisa mengatur keseimbangan suhu tubuh seperti bayi yang lahir normal.

Waktu yang sangat baik untuk menjemur bayi adalah antara pukul 6 hingga 7 pagi, karena gelombang sinarnya sudah berbeda jika lebih dari itu. Bukan lagi hangat jika melakukan proses ini terlalu lama, akibatnya membahayakan kulit bayi. Moms berhati-hati ya jika menjemur si kecil, perlu diperhatikan aturan yang tepat agar kesehatan bayi tetap terjaga.