1. Bayi Suka Mengeces

Jangan kaget jika tiba-tiba Moms melihat Si kecil sering mengeces setiap hari. Itu bukan pertanda adanya sebuah gangguan kesehatan kok, Moms. Karena ketika giginya mau tumbuh, bayi akan memproduksi air liur yang lebih banyak dari biasanya. Selain itu beberapa bayi bahkan mengalami gejala ruam-ruam di sekitar mulut, dagu, dan leher yang disebabkan air liur yang lembap dimana terus membuat wajah bayi basah. Untuk mengatasinya kenakan Si kecil dengan celemek khusus bayi agar air liur tidak membasahi seluruh wajah dan pakaiannya. Namun semakin bertambah umur Si kecil akan semakin pintar dalam mengendalikan air liurnya. 

Moms, Kenali Tanda-tanda Gigi Bayi Mulai Tumbuh, Nomor 3 Sering Terjadi
source: https://parenting.com

2. Suka Menggigit-gigit

Perhatikan jika Si kecil suka menggigit benda apapun yang ada di dekatnya, karena kondisi ini menandakan bayi akan segera tumbuh gigi lho Moms. Gejala ini disebabkan karena tekanan dari gusi yang dirasakan bayi ketika giginya mau tumbuh akan terasa sangat tidak nyaman. Selain itu ketika Moms sedang menyusui ada baiknya perhatikan bagian mulutnya, apabila rahangnya sudah mulai menegang, segera selipkan jari Moms ke dalam mulutmya sebelum ia menggigit payudara Moms. 

Moms, Kenali Tanda-tanda Gigi Bayi Mulai Tumbuh, Nomor 3 Sering Terjadi
source: https://amazon.com
baca juga

3. Mogok Makan

Nah, ini dia tanda gigi bayi mulai tumbuh yang paling sering terjadi. Saat gigi bayi akan tumbuh, ia akan merasakan tidak nyaman pada bagian gusinya sehingga ia tidak bisa makan. Sebaiknya Moms segera memeriksakan kondisi bayi ke dokter dan meminta obat-obatan yang aman agar bayi tidak merasa sakit dan bisa makan seperti sedia kala. 

Moms, Kenali Tanda-tanda Gigi Bayi Mulai Tumbuh, Nomor 3 Sering Terjadi
source: https://regmedia.co.uk

4. Demam

Ketika bayi akan tumbuh gigi bukan tidak mungkin peradangan akan terjadi pada bagian gusinya. Namun demam ini sebenarnya tidak terlalu bahaya jika tidak mencapai suhu 38 derajat celcius. Moms cukup mengompresnya dengan kain yang sudah dibasahi dengan air es. Selalu sediakan termometer untuk mengukur suhu panas bayi ya, Moms . 

Moms, Kenali Tanda-tanda Gigi Bayi Mulai Tumbuh, Nomor 3 Sering Terjadi
source: https://www.parentlane.com