Salah satu yang paling dominan menimbulkan penyakit dalam tubuh adalah serangan virus dan bakteri. Streptococus Pyogenes merupakan salah satu bakteri yang menyebabkan sakit amandel, sedangkan Epstein-Barr atau yang lebih sering disebut dengan adenovirus dan coxsackie adalah jenis virus yang menjadi penyebab amandel.

Mitos dan Fakta Makan Es Krim Terlalu Sering Menyebabkan Amandel, yang Mana yang Benar?

Moms yang anak-anaknya pernah mengalami amandel pasti melarang mereka untuk mengonsumsi es dengan alasan memperparah amandel. Banyak orang tua yang menyalahkan makanan atau minuman dingin menjadi salah satu penyebab semakin parahnya peradangan pada amandel. Sebenarnya Moms perlu mengetahui bahwa makanan atau minuman dingin dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan pada amandel. Selama anak tidak memiliki alergi yang dingin, mengonsumsi makanan dan minuman dingin tidak akan menjadi masalah saat amandel dalam keadaan meradang.

Mengapa dengan es krim? Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya peradangan pada amandel adalah makanan yang tidak sehat, yang mengandung bahan pengawet, pemanis buatan dan pewarna kimia. Biasanya terdapat pada makanan atau cemilan anak yang diantaranya adalah es krim. Tapi bukan berarti Moms tidak memperbolehkan anak memakan es krim mengetahui hal-hal yang telah dipaparkan bahwa makanan dan minuman tiak menjadi masalah untuk dikonsumsi. Moms dapat menyiasatinya dengan membuat es krim dari bahan-bahan yang alami dan tidak berbahaya.

Mitos dan Fakta Makan Es Krim Terlalu Sering Menyebabkan Amandel, yang Mana yang Benar?
source: https://bolehkah.com/

Kekurangan vitamin C juga merupakan faktor terjadinya sakit amandel. Setidaknya tubuh memerlukan 500mg vitamin C dalam 1 hari. Moms dapat memberikan berbagai makanan olahan tang mengandung vitamin C untuk anaknya seperti stroberi, jambu merah, atau kiwi. Makan pedas juga perlu dikurangi, karena mengonsumsi makanan yang pedas dapat memperburuk peradangan.

baca juga

Memimun air putih yang cukup adalah salah satu faktor untuk menghindari dan mengurangi peradangan amandel. Air putih merupakan cairan tubuh paling baik, murni tanpa campuran bahan lainnya untuk menghindari berbagai penyakit. Kebersihan juga merupakan salah satu hal terpenting.

Mitos dan Fakta Makan Es Krim Terlalu Sering Menyebabkan Amandel, yang Mana yang Benar?
source: https://tribunnews.com/

Secara khusus memang tidak ada pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari radang pada amandel. Moms dapat menjauhi kemungkinan terkena bakteri atau virus penyebab penyakit amandel dengan menjaga kebersihan seperti rajin mencuci tangan sebelum makan atau setelah melakukan aktivitas yang membuatnya kotor dan menghindari berdekatan atau mengonsumsi makanan dan minuman dalam media yang sama dengan penderita tonsillitis.