Tipe rumah diambil berdasarkan luas rumah tersebut. Contohnya tipe rumah 36 yang memiliki luas 36 meter persegi atau tipe rumah 45 yang memiliki luas 45 meter persegi. Kavling merupakan faktor penentu luas rumah. Setiap rumah memiliki karakteristik khusus baik dari seri segi dimensi bangunan hingga kebutuhan ruang. Di Indonesia sendiri ada beberapa tipe rumah yang sangat populer untuk ditinggali. Simak tipe apa saja yang jadi populer!

 

source: https://designrumah.co.id/

Tipe 21/24

Rumah dengan luas 2i hingga 24 persegi meter merupakan tipe rumah paling kecil yang biasanya dibangun oleh pengembang perumahan. Ukurannya sekitar 3x7 atau 4x6 meter yang dibangun di kavling dengan lebar 3 sampai 4 meter. Rumah dengan tipe ini biasanya memiliki satu kamar tidur dengan dapur yng kadang terpisah pad bagian belakang rumah. Tipe-tipe seperti ini banyak sekali untuk disewakan, karena terilang cukup murah dengan keadaan ruang yang tidak luas.

Tipe 36

source: https://hargadepo.com/

Tipe rumah 36 yang memiliki luas 36 meter persegi biasa dibangun di kavling dengan lebar 6 meter dan ukuran 6x6 meter persegi. Tipe rumah ini banyak dibuat oleh pengembang peumahan dan memiliki potensi untuk melakukan investasi di bidang properti dengan konsep rumah minimalis yang harganya tak terlalu tinggi. Pada tipe rumah ini biasanya terdapat dua kamar tidur.

 

baca juga

Tipe 45

source: https://hargaper.com/

Tipe rumah yang memiliki luas 45 meter persegi ini cocok untuk keluarga kecil. Tipe ini digemari oleh masyarakat menengah dengan 2 kamar tidur. Berdiri di kavling 6 meter dengan ukuran 6x7.5 meter persegi. Biasanya tipe rumah ini akan memiliki halaman yang lebih lapang. Cocok untuk hunian keluarga.

 

Tipe 54

source: https://designrumah.co.id/

Tipe ini banyak dipilih oleh masyarakat menengah ke atas. Ukuran yang paling proposional dari tipe rumah ini adalah 9x6 meter persegi yang terdiri atas 3 kamar.rumah dengan tipe ini memiliki ruang yang cukup luas, cocok untuk dihuni keluarga yang memiliki anggota lebih dari 2 melihat kamarnya yang lebih banyak dibandingkan dengan tipe-tipe sebelumnya.

 

baca juga

Tipe 60

source: https://minimalisxrumah.com/

Tipe ini mencapai luas bangunan 60 meter persegi, cocok untuk masyarakat menengah ke atas. Terdiri dari 3 kamar tidur yang biasanya dilengkapi satu kamar tidur di area belakang untuk asisten rumah tangga.

 

Tipe 70

source: https://rumahmasadepan.com/

Tipe rumah yang memiliki luas bangunan 70 meter persegi oini cocok unuk keluarga yang memiliki jumlah anggota yang lebih banyak. Jumlah kamarnya hampir sama dengan tipe 60 hingga dapat memiliki 4 kamar. Tipe 70 ini dapat dibangun sebagai rumah 2 lantai melihat luasnya yang cukup memadai.