Banyak orang mengenal penyakit selesma dan influenza memiliki kesamaan, seperti flu yang disertai mata berair. Beberapa orang menganggap bahwa penanganan keduanya sama persis. Sebaiknya Moms perlu mengetahui bahwa keduanya yang merupakan salah satu penyakit anak yang sering menyerang ini memiliki cara penanganan atau pengobatan yang sedikit berbeda. Berikut adalah hal-hal yang membedakan keduanya.

 

Ternyata Selesma dan Influenza Berbeda? Kenali Perbedaannya Yuk Moms!
source: https://sehatfresh.com/

Gejala

Ternyata Selesma dan Influenza Berbeda? Kenali Perbedaannya Yuk Moms!
source: https://doktersehat.com/

Gejala selesma dan influenza memiliki perbedaan. Orang yang menderita influenza atau flu akan mengalami demam dan pusing atau rasa sakit di kepala. Gejala influenza lebih agresif dibandingkan dengan salesma. Gejalanya termasuk sakit tenggorokan, demam, sakit kepala, nyeri otot, hidung mampet dan batuk. Influenza lebih sering terjadi bertahap semakin parah setelah dua hingga lima hari. 

Sedangkan selesma gejalanya lebih ringan dibandingkan dengan flu, mereka yang terserang salesma akan mengalami pilek, sakit tenggorokan yang biasanya hilang setelah satu atau dua hari. Kemudian akan disertai hidung yang berlendir, hidung dan mampet pada hari keempat atau kelima. Penyakit ini biasanya menyerang selama sepekan dan berpotensi menularkannya lewat udara. 

baca juga

Jenis Virus

Ternyata Selesma dan Influenza Berbeda? Kenali Perbedaannya Yuk Moms!
source: https://galena.co.id/

Jenis virus yang menyerang pun berbeda. Biasanya virus flu disebabkan oleh ciri-ciri influenza dengan serangan virus tipe A, B dan C. setiap tipenya memiliki tingkat penyakit yang berbeda. Lain dengan salesma yang biasanya memiliki variasi penyebabnya. Kurang lebihnya memiliki 200 macam virus penyebab salesma yang diantaranya adalah rhinovirus dan coronavirs. Maka dengan hal itu dapat dibuktikan bahwa penanganannya pun akan berbeda, terlebih karena virus flu lebih berbahaya sesuai dengan tipe virusnya.

 

Pencegahan

Ternyata Selesma dan Influenza Berbeda? Kenali Perbedaannya Yuk Moms!
source: https://dosenpendidikan.com/

Moms perlu mengetahui pencegahan antara influenza dan selesma. Saat ini telah ada vaksin untuk mencegah influenza, hal tersebut dilakukan untuk mengurangi gejala yang menyerang agar tidak terlalu parah atau berujung komplikasi. Sedangkan selesma memang belum ada pencegahan khusus mengingat selesma jauh lebih ringan dengan flu. Seseorang dapat menghindari selesma hanya dengan menjaga nutrisi tubuhnya, karena biasanya selesma akan lebih mudah untuk sembuh sendiri. 

 

baca juga

Pengobatan

Ternyata Selesma dan Influenza Berbeda? Kenali Perbedaannya Yuk Moms!
source: https://alodokter.com/

Jika virus dan gejalanya berbeda maka pengobatannya pun tentu berbeda. Moms perlu memahami gejala apa yang dirasakan sebelum menginjak tahap pengobatan, sehingga mengurangi kesalahan dalam pengobatan. Khusus untuk influenza yang terjadi adanya infeksi, maka perlu penanganan seperti pemakaian antibiotik. Sedangkan selesma dapat ditangani dengan mengonsumsi air putih yang cukup. Moms perlu memperhatikan gejalanya, karena jika salah pengobatan akan tidak baik juga untuk ginjal. Pasalnya, selesma akan terjadi beberapa kali dalam setahun.