Bayi Menendang Sebagai Tanda Perkembangan dan Pertumbuhan

Moms, janin yang ada dalam kandungan tumbuh secara bertahap. Kira-kira usia 7 minggu gerakan janin mulai dapat Moms rasakan. Mulai dari detak jantung, cegukan, menggerakan lengan dan kaki, melakukan peregangan, menguap dan mengisap jempol.

Seluruh gerakam tadi tidak dapat di rasakan hingga usia 16 bulan. Biasanya, gerakan menendang sebagai penanda bayi sudah mulai tumbuh lebih besar.

Awalnya gerakan menendang merupakan gerakan refleks. Tapi seiring dengan perkembangan janin, gerakan ini berubah menjadi gerakan yang disengaja. 

source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcQnz8DFFTPG2TXHlSjyd-U3uS9gZnyp8cify_P6CJsaLuNF94IP

Bayi Juga Butuh Berpindah dan "Olahraga"

Dalam rahim, janin juga butuh untuk meregangkan badan, bersantai bahkan berpindah. Saat Moms menggerakkan badan bisa saja bayi ikut berpindah. 

Calon ibu yang rutin melakukan olah raga seperti yoga dan meditasi, akan mendapati bayi lebih "diam". Hal ini disebabkan gerakan yoga yang dilakukan calon Ibu membuat bayi lebih tenang dan menurunkan risiko gerakan fatal serta menurunkan risiko gagal jantung pada janin. 

source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcT1XlG76zz4frtoWA2_3xn0jhpuKdyndDEkpz8L996OjcCbSskZ
baca juga

Respon Atas Lingkungan Eksternal

Seiring dengan berkembangnya organ janin, ia sudah mulai dapat merespon lingkungan. Janin sudah mulai dapat mendengar suara, baik suara Moms yang menenangkan, maupun suara lain yang membuatnya ingin tahu bahkan terganggu. 

Selain suara, janin juga merespon cahaya yang masuk melalui perut Moms. Hal ini dapat membuatnya menendang karena terganggu. 

Menendang bisa jadi cara bayi menyuarakan protesnya dengan apa yang Moms makan. Ia bergerak dan menendang karena Moms mengonsumsi makanan dengan aroma maupun rasa yang sangat kuat.

source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcQcwVjw9P2tr0Yp9G6jaaGf9SgyCQUmwZX6EYFV_F7l7CLU6Omc

Saat hamil, gerakan bayi adalah hal yang harus terus di perhatikan. Apakah bayi melakukan gerakan termasuk menendang dengan frekuensi normal, terlalu kuat maupun terlalu lemah. Normalnya bayi menendang 15 hingga 20 kali salam sehari. Gerakan bayi yang berkurang menunjukkan ada yang salah. Mungkin janin kurang nutrisi atau kurang oksigen.

Apabila dalam satu jam atau lebih tidak ada gerakan menendang, meski Moms memakan sesuatu, itu juga menjadi tanda adanya masalah. Moms sebaiknya mencari thau apa yang terjadi dengan melakukan pemeriksaan di dokter kandungan.