Komitmen adalah hal paling penting

Ingatkah semboyan, raise your child, raise your self?

Sebelum mendidik anak-anak untuk menjadi anak yang berkarakter, maka Moms harus terlebih dahulu mendidik diri Kamu sendiri. Buat kesepakatan dengan diri untuk mematuhi aturan yang akan Moms buat untuk anak-anak. Misalkan, aturan membuang sampah pada tempatnya, maka Moms-lah yang harus melakukanya pertama kali.

Komitmen menjadi orang tua yang berkarakter itu penting. 

Komitmen adalah hal paling penting
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcRKLyER97qBU2Pa8FlShr1Emz3ryxTAGdKKQbaO2Q5DPveNtH5n

Kenalkan Value Keluarga

Value atau nilai keluarga adalah hal penting yang harus Moms diskusikan sebelum mulai. Mulailah dari nilai umum dalam masyarakat. Misalkan kejujuran, keadilan, kerja keras, empati, dan sebagainya. Lalu pilih nilai-nilai yang sekiranya menjadi prioritas di atas nilai yang lain, misalkan kejujuran lebih penting dari pada kerja keras. Maka kejujuran adalah value utama yang akan Moms terapkan. 

Agar si kecil memahami dan melakukanya dengan senang hati, kenalkan value melalui obrolan ringan, cerita, nyanyian, atau sikap-sikap yang Moms tunjukkan selagi menemani anak bermain. 

Kenalkan Value Keluarga
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcTOjprj1krCkQnkIDRwiDRge5HKFywQsrqIR2EegHeCw8DnN3LS
baca juga

Konsisten dengan Aturan

Komitmen tidak cukup untuk menerapkan pendidikan karakter, tapi harus diimbangi konsistensi. Ketika Moms menjadi orang tua, dan ingin anak meniru karakter apa yang menjadi value keluarga, pembangunan karakter dimulai dari konsistensi yang Moms tunjukan dan lakukan. Misalkan saja Moms mengatakan bahwa tidak baik membuang sampah sembarangan. Tapi di lain waktu, Moms malah menyarankan anak untuk meletakkan sampah tidak pasa tempatnya. Hal ini justru akan menganggu pola pikir si kecil akan konsep salah dan benar. 

Konsisten dengan Aturan
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcSWoHx1b-tGVsM4BvXcfkdmI4ejL8K2VNIFnwOwOyX9UHNm6DMQ

Berilah Pujian yang Tepat

Pujian seringkali menjadi cara ampuh untuk memotivasi anak. Tapi, tidak sekedar pujian Moms saat ingin menerapkan pendidikan karakter. Moms harus tepat memuji. Contohnya saat anak berhasil berbuat jujur karena mengakui kesalahannya menumpahkan air. Maka Moms bisa mengucapkan terima kasih atas bantuan si kecil karena ia sudah jujur dan mengajaknya mengelap bersama alih-alih memujinya dengan kata-kata umum seperti "anak pintar" atau "anak baik". Hal ini bisa membantu anak mengetahui mana yang benar dan mana yang salah.

Berilah Pujian yang Tepat
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcTcLJBEt8exdh3HEz5Hp8VARUA_BUkIZcwpdScKCTedVOkG6qmK