1. Siapkan Dana Sedini Mungkin 

Mungkin moms dan suami berpikir bahwa menyiapkan dana pendidikan lebih baik dilakukan nanti-nanti saja ketika anak sudah mau masuk Taman kanak-kanak (TK) atau PAUD. Nah, hal tersebut tidaklah benar Moms. Karena mempersiapkan dana pendidika harus dilakukan sedini mungkin meski anak masih bayi sekalipun. Mengapa? persiapan yang lebih awal dan matang akan lebih baik daripada ketika anak sudah mulai masuk sekolah. Hal yang perlu dihindari adalah jangan sampai Moms dan suami kebingungan mencari dana ketika sudah mendekati usia anak sekolah. Jadi persiapkan sedini mungkin ya Moms. 

source: https://www.freepik.com

2. Menabung Emas 

Dana pendidikan merupakan hal penting yang harus dipersiapkan orangtua sejak dini bahkan ketika anak masih bayi sekalipun. Nah, tips dana pendidikan anak yang bisa Moms dan suami lakukan adalah dengan menabung emas. Hal ini cukup efektif, apalagi biaya sekolah dari tahun ke tahun selalu naik rata-rata di atas 10%. Misalnya dari mulai uang pangkal, uang bulanan, uang buku, uang gedung, dan lain sebagainya. Mengapa emas? Hal ini karena harga emas cenderung naik dan oleh karena itu emas banyak disukai karena dinilai ampuh menangkal inflasi. Rata-rata kenaikan emas dapat mencapai 10%-20% per tahun. Khusus tahun lalu, harga emas meningkat sekitar 8%. Bagaimana Moms, berminat? 

source: https://investingnews.com
baca juga

3Reksadana

Menurut KoinWorks, ada berbagai produk reksadana yang bisa moms coba, dan tentu harus sesuai dengan tujuan keuangan moms dan suami menurut durasinya. Ada reksadana yang bisa ‘dimainkan’ dalam jangka panjang, ada yang lebih pendek mulai dari 1 – 6 tahun. Return yang dihasilkan dari investasi ini pun beragam, tentu tergantung performa dari masing-masing produk reksadana yang Anda gunakan. Contoh, reksadana pendapatan tetap mampu menghasilkan return 7.95% pertahun. Meski jangka waktunya relatif lebih pendek ketimbang investasi emas, Moms bisa memutar uang untuk terus-menerus diinvestasikan di reksadana sembari berdiversifikasi ke berbagai instrumen investasi lain.

source: https://moneysmart.id

4. Ikut Asuransi Pendidikan 

Mempersiapakan dana pendidikan. Moms dan suami juga bisa mengikuti asuransi pendidikan sebagai persiapan anak sekolah. Biasanya besaran premi yang harus dibayarkan tiap bulan adalah Rp 500 ribu dan ada jangka waktu tertentu juga sehingga Moms bisa memetakan sampai jenjang apa kebutuhan pendidikan si kecil terproteksi. Selain itu, proteksi asuransi akan lebih aman, misalnya sewaktu-waktu jika terjadi sesuatu dengan orang tua maka premi per bulan tetap dibayarkan oleh pihak asuransi dan anak tetap menggunakan dana pendidikannya. 

source: https://www.freepik.com