1. Sering Disapu

Tak hanya lantai berbahan keramik, lantai kayu juga harus sering disapu agar lapisan kayu menjadi awet dan tak aada sisa kotoran yang tersisa dan membuat kayu menjadi mudah rapuh. Ada baiknya Moms menggunakan sapu dengan bahan bulu lembut atau vacuum cleaner dan dilanjutkan dengan menggunakan lap kering. Mengapa lap kering? Tujuannya adalah untuk mengangkat sisa-sisa debu karena debu atau pasir yang terbawa oleh sepatu atau kaki yang ada di atas lantai kayu. Jika tidak segera disapu maka bisa menyebabkan goresan-goresan pada finishing lantai kayu sehingga lapisan kayu mudah terkelupas dan kayu cepat rusak. 

source: https://www.freepik.com/

2. Jangan Sampai Lembab

'Musuh' dari segala perabotan rumah tangga berbahan kayu, termasuk lantai kayu, adalah kelembaban. Oleh sebab itu jangan pernah membersihkan lantai kayu parket dengan cara dipel dengan kain yang sangat basah, melainkan cukup disapu saja atau menggunakan vacum cleaner. Hal ini penting lho Moms, karena sisa air yang disebabkan oleh proses mengepel bisa mengendap di lapisan plywood yang kayu menjadi lapuk. Selain itu, kelembapan juga dapat mengakibatkan lapisan atas kayu terkelupas dan bisa menyebabkan lantai berdecit saat diinjak.

source: http://decorindoperkasa.com
baca juga

3. Lapisi dengan Karpet

Bagi Moms yang ingin lantai kayunya terpelihara dengan baik, bisa juga melapisinya dengan karpet. Selain itu lebih baik jika Moms meletakkan perabot atau furnitur di atas lapisan karpet tersebut agar tidak merusak lapisan kayu akibat tergores 'kaki' furnitur. Selain itu untuk menjaga keamanan anggota keluarga dalam rumah, pilih karpet dengan alas yang tidak licin dan mudah tergeser. Tidak kalah penting lainnya adalah untuk sering menjemur akrpet agar tidak menimbulkan kelembapan pada lantai kayu rumah. 

source: https://www.dekoruma.com

4. Gunakan Lemon atau Belimbing Wuluh Untuk Membersihkan Lantai Kayu

Karena lantai kayu tidak bisa terkena air yang bisa membuat kayu lembab dan keropos, Moms bisa menggunakan air lemon atau belimbing wuluh untuk membersihkan noda pada lantai kayu rumah. Caranya cukup dengan menggunakan kain lembut yang sudah dibasahi dengan air lemon kemudian lap pada bagian lantai yang terdapat noda hingga bersih. Setelah itu lap kembali dengan menggunakan kain kering. 

source: https://www.freepik.com