1.  Tentukan Jam Tidur yang Teratur

Dari mulai jam makan, tidur atau mandi biasakan Moms melakukannya secara teratur di jam yang telah ditentukan. Misalnya waktu anak mandi biasanya jam 4 atau waktu anak tidur di jam 12 atau jam 1 siang. Dengan begitu anak sudah tahu dan terbiasa dengan rutinitas sehari-harinya. Selain itu sebelum menidurkan bayi  sebaiknya dimandikan terlebih dahulu dan kenakan ia baju tidur yang nyaman. Moms dapat menempatkan benda kesayangan si kecil di dekatnya agar ia merasa nyaman. 

source: https://www.freepik.com

2. Matikan atau Redupkan Lampu Kamar

Menyalakan lampu lebih redup atau mematikannya pada saat tidur akan membantu bayi belajar perbedaan siang dan malam. Bayi akan mengerti bahwa suasana yang lebih redup atau gelap merupakan suasana malam dan merupakan waktu tidur. Tapi saat tidur siang juga ada baiknya moms juga mematikan lampu agar Si kecil merasa sejuk dan nyaman. 

source: https://www.freepik.com
baca juga

3. Tempat dan Pakaian yang Nyaman 

Ciptakanlah suasana ruangan yang nyaman, cukup hangat dan tenang. Jangan biasakan bayi tidur  setiap malam di ruang tamu atau ruang lainnya yang terdapat banyak orang. Biasakan saat bayi akan tidur hanya ada orang tertentu saja yang menemaninya hingga tertidur. Pilihlah baju tidur yang nyaman untuk si kecil, yang menyerap keringat, tetapi tidak juga membuatnya kedinginan. Bila kamar ber AC, sesuaikanlah suhu agar bayi tidak kedinginan atau kepanasan.

source: https://www.freepik.com

4. Kenali Tanda Si Kecil Mengantuk 

Moms harus bisa mengenali tanda-tanda bayi mulai mengantuk dan berikan respons sewajarnya agar bayi dapat belajar tidur sendiri. Bila menunggu terlalu lama, bayi akan menjadi terlalu lelah dan sulit untuk tidur. Waktu terbaik untuk meletakkan bayi di tempat tidurnya adalah saat ia dalam keadaan mengantuk namun masih terjaga. Selain itu berikan ia pijatan atau stimulasi sentuhan yang lembut dapat menenangkan dan mmebuat bayi merasa nyaman sehingga waktu yang diperlukan agar bayi tertidur lebih singkat, dan bayi tidur lebih lelap.
source: https://www.freepik.com