1. Gandum

Perlu Moms ketahui, gandum sangat tidak direkomendasikan untuk diberikan pada bayi dikarenakan kandungan glutennya. Gluten merupakan campuran amorf (bentuk tak beraturan) dari protein yang terkandung bersama pati dalam endosperma (dan juga tepung yang dibuat darinya) beberapa serealia, terutama gandum, gandum hitam, dan jelai. Dari ketiganya, gandumlah yang paling tinggi kandungan glutennya. Kandungan gluten dapat mencapai 80% dari total protein dalam tepung, dan terdiri dari protein gliadin dan glutenin. Gluten membuat adonan kenyal dan dapat mengembang karena bersifat kedap udara. Oleh karena itu gluten merupakan jenis protein dalam gandum yang sulit dicerna oleh bayi 0-1 tahun. Gejalanya jika bayi mengonsumsi gandum adalah terkena alergi. 
 

source: https://www.khasiat.co.id

2. Cokelat

Ada baiknya Moms tidak dulu untuk memberikan coklat pada bayi usia 0-1 tahun ya. Hal ini karena cokelat juga memiliki kandungan kafein yang dinilai tidak aman bayi bayi. Selain itu kandungan gula pada cokelat bisa merusak email pada gigi pertama bayi lho Moms. Bayi juga bisa semakin agresif jika diberikan cokelat sebelum usia dia di atas satu tahun. Nah, perlu Moms ketahui, sebenarnya bayi baru bisa mentolerir rasa manis pada cokelat saat ia berusia satu tahun. Jenis cokelat yang bisa Moms berikan dan cukup aman seperti cokelat putih, di mana kandungan kafeinnya lebih rendah dibandingkan dark chocolate atau milk chocolate

source: https://id.pinterest.com
baca juga

3. Jus Buah Kemasan 

Makanan bayi tentunya harus terdiri dari gizi dan nutrisi yang baik serta tidak berasal dari makanan instan apalagi pemanis buatan. Nah, buat Moms yang suka memberikan minuman rasa buah atau jus dalam kemasan, sebaiknya hentikan sekarang juga ya, Moms. Hal ini karena minuman kemasan atau jus buah instan banyak mengandung pengawet kimia dan juga pemanis buatan tentunya. Jika bayi mengonsumsi ini akan berdampak buruk seperti pada sistem pencernaannya.

source: https://www.indiamart.com

4. Selai Kacang dan Semua Jenis Kacang 

Moms wajib waspada dengan makanan bayi ketika ia berusia masih 0-1 tahun seperti tidak memberikan ia jenis makanan yang mengandung kacang-kacangan, semua jenis kacang, dan juga selai kacang. Mengapa? Kacang sangat berisiko karena bisa membuat bayi tersedak, terutama kacang yang masih utuh. Selain itu sering kali membuat anak tersedak. Selain itu selai kacang termasuk bahan makanan yang memicu alergi paling besar pada bayi. Tidak hanya itu, teksturnya yang lengket dapat menyebabkan kerusakan gigi, karena tidak menutup kemungkinan juga selai kacang menggunakan bahan pemanis buatan . 
 

source: https://exportersindia.com