Perlu Moms ketahui, ternyata cuka apel sendiri terbuat dari campuran beberapa buah yang difermentasi seperti apel, teh, anggur, jagung, dan gandum. Nah, telah banyak yang membuktikan juga cuka apel merupakan solusi yang tepat untuk kamu yang bermasalah dengan jerawat dan juga noda bekasnya yang membandel. Hal ini karena cuka apel mengandung vitamin c, malic acid dan alpha hidroxy yang cukup tinggi. 

Saat cuka apel difermentasi, malic acid terbentuk kemudian malic acid sendiri memiliki sifat anti bakterial yang melawan kuman penyebab jerawat. Nah, secara perlahan jerawat akan mengempis dan noda bekasnya secara perlahan akan memudar. Tak hanya itu, ternyata cuka apel juga dapat mengurangi produksi sebum berlebih pada wajah. Garis-garis atau kerutan halus pada wajah juga akan berkurang jika kamu rajin menggunakan cuka apel. 
 

source: https://cnn.com

Cara menggunakan cuka apel yang benar untuk mengatasi jerawat dan komedo
 

  • Lakukan tes terlebih dahulu 

Langkah pertama, jangan langsung menggunakan cuka apel pada wajahmu. Ada baiknya lakukan tes terlebih dahulu dengan cara mengoleskan cuka apel sambil menepuknya di bagian belakang telinga, kemudian diamkan selama 15 menit. Jika tidak terjadi iritasi pada kulit telingamu, maka kamu bisa menggunakan cuka apel untuk bagian wajah. 

  • Campur cuka apel dengan air 

Ada baiknya campurkan cuka apel dengan sedikit air sebelum kamu mengaplikasikannya pada bagian wajah. Untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, tambahkan air sedikit lebih banyak untuk menghindari rasa perih belebih pada kulit sensitifmu. 

  • Gunakan Kapas 

Cara mengoleskan cuka apel ke bagian wajah, kamu bisa menggunakan kapas lembut dan mulai tepuk-tepuk pelan ke seluruh bagian wajah. Oleskan secara merata, terutama di bagian wajah yang terdapat banyak jerawat. 
 

source: https://www.freepik.com
baca juga

Selain itu kamu juga bisa lho membuat masker dengan menggunakan bahan utama cuka apel!

  • Masker Cuka apel + Baking Soda 

Caranya: Campurkan 2 sdm cuka apel dengan 2-3 sdm baking soda hingga rata. Gunakan jarimu untuk mengaplikasikan masker ini ke wajahmu dan diamkan selama 10-20 menit sampai mengering. Setelah itu bilas, keringkan, dan gunakan pelembab. Lakukan sekali dalam seminggu.

  • Masker cuka apel + bawang putih 

Caranya: Haluskan beberapa siung bawang putih, dan ambil sarinya. Kemudian tambahkan cuka apel dengan takaran yang sama selanjutnya aduk hingga merata. Gunakan kapas untuk mengoleskan masker ini ke bagian kulit yang berjerawat. Tunggu 10-15 menit, kemudian bilas dengan air hangat. 

  • Masker cuka apel + lidah buaya 

Caranya: Siapkan lidah buaya secukupnya yang sudah dihaluskan, kemudian campur dengan cuka apel dan aduk hingga rata. Selanjutnya oleskan secara merata di bagian wajah, diamkan selama 15 menit hingga kering, kemudian bilas. 
 

source: https://www.freepik.com

Nah, itulah alasan ilmiah mengapa cuka apel ampuh untuk mengatasi jerawat dan komedo. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba perawatan kulit dengan cuka apel Moms!