1. Belanda 

Di negeri kincir angin ini, anak-anak yang masih duduk di Taman Kanank-kanak (TK) justru sudah diberikan pemahaman dasar mengenai cinta, seperti bagaimana seseorang menunjukkan kasih sayang terhadap lawan jenis. Bahkan di Norwegia, anak-anak usia 8-12 tahun diperkenalkan untuk menonton serial video edukasi tentang seks. Sedangkan di Swedia, anak-anak SD dikenalkan melalui video tentang alat reproduksi mereka sebagai dasar untuk pendidikan seks di masa yang akan datang atau saat mereka sudah dewasa nanti. Memang di negara tersebut terkesan agak berani, namun ternyata cara ini berdampak positif lho bagi anak muda di sana. Terbukti bahwa, Norwegia dan Belanda adalah negara dengan tingkat kehamilan remaja atau pernikahan dini terendah di dunia.

Ini 4 Jenis Pendidikan Seks di Seluruh Dunia, Bagaimana Menurut Moms?
source: https://id.pinterest.com

2. India 

Perlu Moms ketahui, India juga termasuk salah satu negara dengan tingkat kekerasan seksual yang cukup tinggi. Hal ini karena di India menganggap pendidikan seks tidaklah wajib dan tak penting untuk dipahami oleh anak-anak remaja. Bahkan, yang lebih mengejutkan lagi setengah dari penduduk India yang berusia 5-12 tahun pernah mengalami kekerasan seksual dan masih banyak juga remaja perempuan yang tak mengerti apa itu menstruasi. Namun kini India sudah mengalami perubahan seperti mulai menerima pendidikan seks yang diselenggarakan oleh YP Foundation dan disebut-sebut sebagai pendidikan seks terbaik di dunia. Pendidikan tersebut juga meliputi beberapa isu seperti kesetaraan gender dan keberagaman seksual. Namun kampanye tersebut harus lebih gencar diimplementasikan di seluruh sekolah-sekolah yang ada di India, untuk menekan kasus-kasus kriminal seperti perkosaan yang banyak terjadi di India .

Ini 4 Jenis Pendidikan Seks di Seluruh Dunia, Bagaimana Menurut Moms?
source: https://huffpost.com
baca juga

3. Afrika Selatan 

Pendidikan seks di Afrika Selatan masuk dalam kurikulum di setiap sekolah-sekolah. Pengetahuan soal seks diajarkan sejak dini dan anak-anak diedukasi mengenai seks bahwa, berhubungan seks bebas bisa menimbulkan banyak risiko seperti hamil di luar nikah dan juga penyakit menular seperiti HIV/AIDS. Selain itu pendidikan seks yang diterapkan di Afrika Selatan juga menanamkan bahwa pendidikan seks ini penting untuk dipahami, meskipun beberapa siswa di sana menganggap pendidikan seks agak membosankan dan tidak relevan. Bagaimana menurut Moms? 
 

Ini 4 Jenis Pendidikan Seks di Seluruh Dunia, Bagaimana Menurut Moms?
source: https://www.pambazuka.org

4. Tiongkok 

Tiongkok merupakan negara dengan jumlah penduduk paling banyak di dunia. Namun masyarakatnya terjadi kurang mendapatkan pendidikan soal seks dengan baik. Bahkan hal tersebut diperkuat ketika terjadi kasus tentang pasangan yang memutuskan untuk berbaring bersama di atas ranjang selama 3 tahun karena ingin hamil. Nah, Moms bisa bayangkan 'kan? Namun karena hal tersebut saat ini banyak perempuan rela membayar dan mengikuti pendidikan seks. Selain itu beberapa universitas juga menyediakan vending machine alat untuk mengetahui apakah mereka terkena HIV atau tidak. Bagaimana menurut Moms? 
 

Ini 4 Jenis Pendidikan Seks di Seluruh Dunia, Bagaimana Menurut Moms?
source: http://images.china.cn