1. Memijat Area Perut 

Sangat ingin memijat bagian perut ibu hamil, pastikan Dads mengetahui terlebih dahulu panduan dasarnya agar tidak salah. Langkah pertama, pastikan posisi tubuh Moms tidak berbaring telentang saat suami melakukan pijatan pada bagian perut, terutama jika waktu pemijatan berlangsung lama. Posisi yang baik dan nyaman buat Moms yang ingin pijat yakni berbaring di sisi kiri tubuh moms kemudian letakkan bantal di bawah perut, belakang punggung, dan di antara kedua lututnya. Selain itu Moms juga bisa sambil duduk dilantai atau tempat tidur. Jika Moms memiliki matras yoga akan lebih baik. Setelah itu lakukan pijatan secara lembut dengan menggunakan minyak zaitun atau lotion yang lembut dan tidak terlalu kental agar proses pemijatan lebih mudah. Dads bisa mulai memijat sisi samping perut, hingga ke bagian tengah. Langkah selanjutnya pindahkan tangan ayah ke bawah menuju tulang kemaluannya, lalu telusuri setiap sisi pangkal paha, kemudian kembali ke atas ke bagian sisi kanan dan kiri perutnya. Pijat secara lembut dan jangan terlalu ditekan. 

Dear Dads, Ini Cara yang Aman dan Benar Memijat Ibu Hamil
source: http://fajnamama.pl

2. Memijat Area Punggung 

Jika Dads ingin memijat area punggung, ada baiknya Moms duduk di kursi yang terdapat sandaran agar lebih nyaman. Dads bisa mulai memijat di area tulang belakang dari atas ke bawah. Pada bagia panggul, pijat menggunakan tumit telapak tangan dan tekan-tekan secara lembut. Selain itu Dads juga bisa menggunakan jempol tangan dan ujung jari kedua telapak tangan untuk memijat. Ada Moms tidak melakukan pemijatan saat usia kandungan masih di trimester pertama atau 3 bulan, karena kandungan masih sangat rentan oleh keguguran. 

Dear Dads, Ini Cara yang Aman dan Benar Memijat Ibu Hamil
source: https://www.zenin.com.au
baca juga

3. Memijat Bagian Telapak Kaki

Biasanya ibu hamil kerap merasakan pegal-pegal di area kaki terutama bagian telapak kaki. Jika Moms ingin melakukan pijatan di area ini pijatan diarahkan dari daerah tengah telapak sampai ke depan. Hal ini dikarenakan titik refleksi ke bagian perut ada di daerah telapak kaki dari tengah ke tumit. Moms juga bisa menggunakan minyak zaitun atau body lotion sekaligus untuk melembutkan kulit kaki Moms. 

Dear Dads, Ini Cara yang Aman dan Benar Memijat Ibu Hamil
source: http://www.medguidance.com

Berikut ini Do's & Dont's Pijat untuk Ibu Hamil:
 

1. Lakukan perawatan kulit dan pijatan secara rutin 2 - 3 kali dalam sebulan, agar tubuh terasa relaks dan tidak stres.

2. Pemijatan sebaiknya dilakukan pada usia kandungan 3 bulan ke atas untuk mencegah keguguran.  

3. Konsultasikan kepada dokter kandungan apabila semasa masa kehamilan moms mengalami mual, muntah berlebihan, flek, atau hipertensi sebelum melakukan perawatan kulit dan pemijatan.

4. Selama pemijatan tidak boleh melakukan tekanan pada bagian pinggang, pinggul, perut, dan telapak kaki. 

5. Posisi terbaik pemijatan bagi ibu hamil adalah tidur menyamping. Penggunaan bantal di bagian perut sebagai ganjalan akan membuat tubuh lebih nyaman dan aman. 

Dear Dads, Ini Cara yang Aman dan Benar Memijat Ibu Hamil
source: http://parenting.firstcry.com