1. Aliran Darah ke Plasenta Menjadi Lebih Kecil

Buat Moms yang pernah tidur dengan posisi telentang, ada baiknya hentikan sekarang juga. Tidur posisi telentang sangat berisiko karena bisa menyebabkan terhambatnya sirkulasi darah ke jantung. Hal ini bisa terjadi karena adanya hambatan tersebut dapat menyebabkan jantung mengalami kesusahan untuk memompa dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh termasuk ke janin. Kondisi ini bisa sangat berbahaya sehingga aliran darah ke plasenta menjadi lebih kecil.

 

Ini Alasan Mengapa Jangan Tidur Telentang Saat Hamil
source: https://www.babydocclub.ie

2. Kurangnya Asupan Nutrisi dan Gizi

Posisi tidur telentang bagi ibu hamil lainnya yakni bisa menghambat asupan nutrisi pada janin di dalam kandungan. Sedangkan janin harus mendapatkan nutrisi dari Sang ibu agar tumbuh dan berkembang dengan baik. Kondisi kurangnya asupan nutrisi ini bisa terjadi karena aliran darah yang membawa nutrisi dari ibu hamil tersebut terhambat seperti yang dijelaskan pada bahaya ibu hamil yang tidur dengan posisi terlentang diatas.
 

Ini Alasan Mengapa Jangan Tidur Telentang Saat Hamil
source: https://www.mattressadvisor.com
baca juga

3. Menghambat Pasokan Oksigen Ibu dengan Janin

Selain nutrisi dari ibu hamil yang terhambat disalurkan pada janin, bahan lain yang juga ikut terhambat penyalurannya adalah oksigen. Oksigen merupakan komponen di dalam tubuh yang terdistribusi bersama dengan darah sehingga jika aliran darah terhambat maka oksigen juga tidak dapat disebarkan dengan baik.
 

Ini Alasan Mengapa Jangan Tidur Telentang Saat Hamil
source: https://express.co.uk

4. Bahaya Lainnya

Selain beberapa kondisi berbahaya yang disebutkan diatas, tidur terlentang yang dilakukan oleh ibu hamil juga dapat menyebabkan bahaya lainnya seperti wasir (hemorrhoid), sulit bernapas, tekanan darah rendah (hipotensi), dan gangguan pencernaan. Selain hal tersebut, ibu hamil juga akan merasakan kesakitan pada beberapa tempat seperti nyeri pada punggung dan pusing di kepala akibat penekanan yang diberikan oleh ukuran rahim yang semakin membesar.

 

Ini Alasan Mengapa Jangan Tidur Telentang Saat Hamil
source: http://healthcare.utah.edu