Apakah pernah terpikir di benak Moms jika tidak bisa mengontrol penyakit asma selama kehamilan? Nah, ternyata penyakit asma saat hamil yang tidak terkontrol akan menyebabkan sedikit oksigen yang dialirkan oleh darah ibu untuk pasokan janin. Akhirnya, janin kekurangan oksigen. Selain itu, juga dapat meningkatkan risiko komplikasi kehamilan seperti kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, dan preeklapmsia atau tekanan darah tinggi yang berbahaya selama kehamilan. 
 

Hai Moms, Begini Cara Mengontrol Penyakit Asma saat Hamil!
source: http://www.healthywomen.org

 

Bagaimana Agar Asma Saat Hamil Tidak Memengaruhi Bayi?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan ibu hamil dalam mengontrol asma agar tidak berbahaya pada janin. Cara-cara tersebut adalah: 
  • Selalu berkonsultasi dengan dokter mengenai pengobatan yang tepat untuk asma saat hamil. 
  • Kenali pemicu asma dan hindari agar asma tidak semakin buruk. 
  • Jangan merokok dan sebisa mungkin hindari paparan asap rokok. 
  • Minum obat sesuai resep dan teratur. 
Bagaimana Agar Asma Saat Hamil Tidak Memengaruhi Bayi?
source: https://www.healthcentral.com

 
baca juga

9 Tips Mengontrol Asma Saat Hamil

Selain itu, ada 9 hal yang perlu Moms perhatikan dalam mengelola atau mengontrol asma agar tidak semakin bertambah parah, yaitu: 

1. Hindari memelihara hewan berbulu
Apabila kamu penderita asma, maka harus selalu menjaga jarak dari hewan berbulu seperti kucing dan anjing, karena bulunya dapat menyebabkan alergi dan bersin-bersin. 

2. Jaga kebersihan rumah
Selalu hidup higienis dan jagalah kebersihan rumah. Cuci dan ganti tirai, tempat tidur, dan penutup sofa lebih sering untuk menghindari kotoran dan debu menempel. Tak apa menggunakan pestisida ringan di rumah untuk mengusir kecoak, tungau, semut dan hewan kecil lainnya. 

3. Gunakan masker
Bagi Moms yang alergi terhadap spora atau serbuk sari, maka hindari keluar rumah lebih sering. Apabila ada urusan mendesak, gunakan masker setiap kali hendak pergi keluar. 
 
9 Tips Mengontrol Asma Saat Hamil
source: https://chicagohealthonline.com

4. Mengonsumsi makanan bergizi
Pasien asma selalu disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, E, dan C. Makanan bergizi seperti itu bermanfaat meningkatkan daya kekebalan. Sejumlah studi juga menunjukkan bahwa diet dengan ikan dan apel dapat menurunkan risiko gangguan penyakit asma. 

5. Hindari minuman dingin dan es krim
Asma memiliki hubungan erat dengan minuman ataupun makanan dingin. Minuman dingin dapat menyebabkan serangan asma yang parah selama kehamilan. Karena itu, Moms harus menghindari jenis kebiasaan mengonsumsi minuman dana makanan dingin terutama selama kehamilan. 
 

6. Jauhi asap 
Ternyata rokok dapat memperparah asma. Namun, bukan rokok saja, asap dapur, knalpot kendaraan, dan kembang api juga dapat memengaruhi asma sehingga kambuh sewaktu-waktu. 

7. Hindari mencium zat yang kuat
Pasien asma selalu disarankan untuk menghindari zat berbau yang kuat. Selama kehamilan berusahalah menghindari zat berbau yang kuat, seperti deodoran, parfum, cat, semprotan, cairan pembersih dan sebagainya. 

8. Yoga
Selama kehamilan cobalah rutin melakukan prenatal yoga. Selain baik untuk kesehatan, yoga juga dapat membantu mengatur pernapasan. 
 
9 Tips Mengontrol Asma Saat Hamil
source: https://www.verywellhealth.com