Seperti diketahui, di dalam kandungan bayi juga mendapatkan nutrisi dari makanan yang disalurkan melalui plasenta dimana bertugas untuk menyalurkan makanan dan oksigen untuk bayi. Jadi pada dasarnya bayi juga makan di dalam kandungan melalui tali pusar. Nah, oleh karena itu, bayi juga bisa buang air besar di dalam kandungan. Namun, meskipun bayi bisa buang air besar tapi kotorannya baru terbentuk setelah 21 minggu. Tinja atau kotoran bayi tidak dikeluarkan saat itu juga, melainkan setelah ia dilahirkan.

Hm, Apakah Janin dalam Kandungan Buang Air Besar atau Tidak?
source: https://youtube.com

Perlu Moms ketahui bahwa meski di dalam kandungan bayi juga membuang sisa makanan. Namun tidak seperti yang kita bayangkan ya Moms, seperti buang air besar pada umumnya. Selain itu janin juga sudah mulai buang air kecil saat usianya sekitar 10 minggu. Urine yang dikeluarkan oleh bayi di dalam kandungan tersebut akan bercampur dengan cairan amniotik (air ketuban). Air pipis atau urine yang dikeluarkan oleh bayi di dalam kandungan juga sangat mungkin tertelan kembali oleh bayi. Tapi hal ini tak perlu dikhawatirkan ya Moms, karena urine bayi di dalam kandungan masih bersifat steril dan sama sekali tidak mengganggu kesehatan bayi. 

Selain itu, plasenta juga bertugas melakukan penyaringan air pipis bayi, dan mengirimnya kembali ke Ibu untuk dibuang. 

Hm, Apakah Janin dalam Kandungan Buang Air Besar atau Tidak?
source: https://tabloidbintang.com
baca juga

Berikut ini 5 aktivitas lain bayi di dalam kandungan yang bikin Moms senyum-senyum!

1. Bermain 

Selama di dalam kandungan, bayi berada di kantung ketuban yang berisi cairan ketuban dimana karena cairan tersebut bayi bisa bergerak leluasa di rahim Moms. Nah, selama di dalam rahim bayi juga suka bermain misalnya memainkan jari, tangan, bahkan bergerak seperti sedang berenang lho Moms . Gerakan ini dilakukan karena ia memang ingin bergerak dan juga menghilangkan rasa bosan di dalam kandungan karena tidak bisa leluasa bergerak. Wah, lucu ya Moms ? 

Hm, Apakah Janin dalam Kandungan Buang Air Besar atau Tidak?
source: https://rebelcircus.com

2. Cegukan 

Bisakah bayi cegukan di dalam kandungan? Jawabanya adalah bisa! Hal ini bisa terjadi karena cegukan pada janin dalam kandungan dapat dipicu kontraksi pada diafragma. Biasanya cegukan muncul pada usia janin yang memasuki trimester kedua atau ketiga dimana, setelah sistem saraf pusat berkembang, cegukan menjadi persiapan awal si kecil untuk bernapas di luar rahim.

 

Hm, Apakah Janin dalam Kandungan Buang Air Besar atau Tidak?
source: https://parents.com
baca juga

3. Tidur dan Terbangun 

Wow, ternyata bayi di dalam kandungan tidak tidur terus menerus lho, ternyata ia bisa tidur dan juga terbangun. Pada masa awal kehamilan, janin dalam kandungan bayi bergerak, mendengarkan suara-suara, membangun pikiran dan ingatan. Namun, memang sekitar 90% kegiatan bayi adalah tidur sepanjang hari. Bayi juga bisa tidur lelap, bermimpi, tidur ayam seperti layaknya orang dewasa. Oleh karena itu ia bisa terbangun kapanpun ia mau. 

 

Hm, Apakah Janin dalam Kandungan Buang Air Besar atau Tidak?
source: https://www.growingyourbaby.com