1. Gerakan janin yang kurang dari 10 gerakan dalam kurun waktu 12 jam

Gerakan janin yang tidak normal bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya Moms mengalami tekanan darah tinggi atau stress sehingga membuat aliran siklus darah dan oksigen ke janin terhambat. Untuk mengatasainya ada baiknya Moms melakukan olahraga kecil seperti jalan santai dan berusaha berpikir tenang dan rileks. 
 

Ini Gerakan-gerakan Janin Tidak Normal yang Perlu Moms Waspadai
source: https://www.freepik.com

2. Gerakan Janin Lemah 

Pada dasarnya bayi juga memiliki waktu tidur dan bangun selama masih dalam kandungan sehingga terkadang ia pasif atau gerakannya lemah ketika sedang tertidur. Namun, jika kondisi ini terjadi sangat sering, ada baiknya Moms segera memeriksakan kondisi Si bayi ke dokter spesialis kandungan. Selain itu usia kehamilan menginjak 20 minggu perhatian dan peran ibu hamil sangatlah penting untuk memantau pola gerakan janin aktif setiap harinya. 

Ini Gerakan-gerakan Janin Tidak Normal yang Perlu Moms Waspadai
source: https://envato.com/
baca juga

Berikut cara menghitung gerakan janin yang harus Moms ketahui:

1. Langkah pertama, hitung gerakan janin setiap hari pada waktu yang sama. Pilih waktu ketika janin sedang aktif, biasanya ketika Moms makan atau ngemil. Bangunkan janin dengan cara menggoyang, mengetuk perut, atau minum sesuatu yang dingin dapat membangunkan Si bayi dalam kandungan. 

2. Duduk berselonjor atau berbaring dengan posisi miring ke kiri. Hitung gerakan janin setiap Moms merasakannya. Dalam dua jam, harus terasa paling sedikit 10 gerakan misalnya tendangan, pukulan, tepukan, atau sesuatu yang menggulung serta berputar. 

3. Nah, setelah beberapa hari melakukan ini, Moms akan menemukan pola gerakan janin, yaitu berapa lama waktu yang dibutuhkannya untuk mencapai 10 gerakan. Rata-rata janin yang sehat membutuhkan waktu kurang dari 30 menit untuk mencapai 10 gerakan.

4. Ingat untuk selalu mencatat waktu dan jumlah hitungan gerakan janin setiap hari.

Ini Gerakan-gerakan Janin Tidak Normal yang Perlu Moms Waspadai
source: https://www.freepik.com