Takut dengan Rasa Sakit

source: http://www.parents.com

Salah satu alasan paling umum anak takut ke dokter adalah karena mengira selalu akan disuntik seperti yang dialaminya saat imunisasi. Untuk itu, kamu perlu meyakinkan anak kalau kunjungannya kali ini tidak ada suntikan. Kalaupun ada, maka jangan berbohong dan cobalah mengurangi ketakutannya dengan menjanjikannya reward atau hadiah karena sudah berani ke dokter.

 

Anak Merasa Tidak Nyaman dengan Dokter

source: http://drprem.com/parenting/4-tips-child-rid-doctor-fears.html

Ada pula kejadian di mana dokter sendiri yang membuat anak merasa tidak nyaman. Beberapa dokter ada yang terlalu serius dan tidak ramah terhadap anak-anak. Karena itu, pastikan kamu membawa si kecil ke dokter yang ramah dan menyenangkan, agar anak merasa nyaman yah!

 

baca juga

Takut Ditinggalkan Sendirian di Kamar Periksa

source: http://today.uconn.edu

Ada pula anak-anak  yang takut orangtuanya akan meninggalkannya sendirian saat diperiksa dokter. Biasanya hal ini terjadi pada anak berusia di bawah 7 tahun. Untuk mengatasi ketakutannya itu, maka berjanjilah kepada anak kalau kamu akan menemaninya sepanjang waktu dalam kamar pemeriksaan.

 

Takut karena Ditakut-takuti

source: http://pastordougturner.blogspot.co.id/

Moms, jangan sampai anak takut ke dokter gara-gara hal sepele, misalnya ditakut-takuti oleh saudaranya atau temannya kalau dokter akan menyuntik atau mengoperasinya saat ke rumah sakit. Anak tentu saja akan takut ke dokter, kalau ditakut-takuti bahkan sebelum bertemu dengan dokter. Selain itu, ketika si kecil melakukan kesalahan, jangan sampai mengancamnya dengan mengatakan akan membawanya ke dokter untuk disuntik yah!

 

baca juga

Ada Kejadian yang Membuat Anak Trauma

source: https://www.todaysparent.com

Anak kecil mudah sekali mengingat hal-hal yang pernah dialaminya lho. Jika selama ini anak pernah mengalami kejadian buruk yang berhubungan dengan pemeriksaan, pengobatan, rumah sakit, maupun dokter, maka hal itu kemungkinan akan terekam dalam waktu lama dalam memorinyanya. Akhirnya, hal itu pula membuatnya untuk tidak mau dan takut ke dokter. Jadi, penting sekali untuk mengenali ketakutan anak itu dan menyembuhkannya. Karena kalau anak tetap takut ke dokter, maka kemungkinan hal itu akan terjadi hingga ia dewasa nantinya.