Buang Barang yang Tidak Diperlukan
 

Rumah Sempit Karena Terlalu Banyak Barang? Yuk, Intip Cara Mengatasinya!
source: https://www.rumah.com/


Satu hal yang menjadi penyebab mengapa ruangan di rumah menjadi mudah sekali penuh dan sempit adalah karena kamu gemar menyimpan barang lama yang sudah tidak terpakai. Rasa khawatir takut masih membutuhkan kerap kali membuatmu menyimpan kembali barang-barang yang nyatanya tidak kamu gunakan kembali. Cobalah untuk menghilangkan kebiasaan burukmu dengan menyeleksi barang-barang yang ada di rumah. Jangan ragu untuk membuang barang yang tidak kamu gunakan dalam waktu satu bulan ke belakang.
 


Hindari Kebiasaan Berbelanja yang Tidak Diperlukan
 

Rumah Sempit Karena Terlalu Banyak Barang? Yuk, Intip Cara Mengatasinya!
source: https://www.sa-retail.co.za/


Tidak hanya orang yang mempunyai kebiasaan menyimpan barang lama, kebiasaan berbelanja barang-barang yang tidak diperlukan juga menjadi penyebab ruangan di rumah menjadi sempit dan penuh. Cobalah untuk mengubah kebiasaan itu. Saat akan berbelanja, tanyakan kembali dirimu apakah kamu benar-benar memerlukan barang yang dibutuhkan. Jangan hanya karena potongan harga dan barang yang lucu membuat kamu membelinya. 
 

baca juga


Lakukan Jadwal untuk Menyortir Barang
 

Rumah Sempit Karena Terlalu Banyak Barang? Yuk, Intip Cara Mengatasinya!
source: https://www.budgetdumpster.com/


Langkah ketiga adalah dengan melakukan rutinitas untuk menyortir barang-barang yang kamu miliki. Setidaknya 2-3 bulan sekali, jadwalkan satu hari untuk membereskan rumah dan memeriksa apakah ada barang yang sudah tidak lagi digunakan. Kamu dapat memberikannya pada orang lain atau bahkan menjualnya di situs-situs penjualan barang-barang bekas.
 


Terapkan Aturan "Satu Barang Masuk, Satu Barang Keluar"
 

Rumah Sempit Karena Terlalu Banyak Barang? Yuk, Intip Cara Mengatasinya!
source: http://queenannenews.com/


Terakhir, kamu juga dapat memulai kebiasaan mengatur jumlah barang di rumah dengan menerapkan peraturan satu barang masuk, satu barang keluar. Peraturan ini membuat jumlah barang di rumah akan lebih terkendali. Selain itu, kamu juga dapat membuat kebiasaan baik dengan tidak membiarkan ada barang-barang tidak bermanfaat dan dapat memberikannya pada yang lebih membutuhkan.