Jutaan Bakteri Hidup dalam Satu senitmeter persegi Spons

Berdasarkan penelitian Markus Egert dari Furtwangen University, Jerman. Sejumlah 362 jenis bakteri hidup dalam 14 spons dari rumah tangga berbeda. Keseluruhan bakteri tersebut hidup dalam rongga spons yang nyaman. Dalam satu sentimeter persegi spons cuci piring dalam rumah, bisa hidup tujuh hingga delapan kali jumlah manusia yang hidup di Bumi ini. Wah, bisa dibayangkan banyaknya ya Moms?

Meski tidak semua "berbahaya" tapi setidaknya lima hingga sepuluh jenis bakteri berupa patogen yang dapat menginfeksi anggota keluarga. Utamanya bagi mereka dengan kondisi tubuh menurun, orang tua, anak-anak, dan orang dengan sakit menahun.
 

Jutaan Bakteri Hidup dalam Satu senitmeter persegi Spons
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRZN-WLyrPedDy4cT2-UVthU1MyFHdrI0mkKyOEHfqIZkO6Vp4m

Tidak ada Metode Khusus untuk Membersihkan Spons yang Efektif

Spons yang basah dan berongga tentu menjadi tempat tinggal paling nyaman untuk bakteri. Maka jangan heran jika spons Kita berbau tidak sedap. Ada banyak cara untuk menghilangkan bau, salah satunya dengan mencuci spons baik dengan sabun maupun air panas. Selain mencuci, Moms bisa juga mengeringkan spons setiap selesai pakai. 

Nah, sebenarnya cara tersebut tidak sepenuhnya membunuh bakteri. Karena rongga spons yang banyak bisa menjadi ruang bagi bakteri bersembunyi. Bahkan beberapa bakteri tahan terhadap sabun pembersih yang digunakan untuk mencuci spons. Tapi kondisi spons kering dan bersih lebih baik daripada lembab dan bau.

Tidak ada Metode Khusus untuk Membersihkan Spons yang Efektif
source: https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSr38BEsIv92kJA6SqRPhO_aM4vrrCutH-pMIrJzBLoNXJeS17butvYlvP3
baca juga

Ganti Spons Minimal 2 Minggu Sekali

Lalu bagaimana ya caranya? Adanya bakteri dalam spons tidak perlu membuat kamu khawatir berlebih. Tips dapur berikut dapat membantu kok Moms. Selain menjaga agar spons tetap bersih dan kering demi menurunkan resiko adanya patogen yang berkembang biak, cucilah spons dengan cairan pemutih. Tapi tetap Moms, itu hanya berlaku sementara. Lebih baik Moms mengganti spons setiap minggu sekali atau setidaknya dua minggu sekali.


 

Ganti Spons Minimal 2 Minggu Sekali
source: https://lh3.googleusercontent.com/proxy/OUa5D9j0f5Q-Erb9xCJ9AN6p4eyxJmdphkVVoCsTWghm1at-WN48XF8Cb6IwWLVjJxFZ4ZiJd6M0UdDrDn0t7f0eenHNQ7dVim8zvUp6NOThWUXp8cTq8ocpcptv84FhIemsTkvqVm54v6ASgqNSZ9aKtmmBv9Oqeh7aj7Y8uw49O1XwRurMBWwi6Byi1LppJE5H-uAv8Vig7A=w511-h288-nc
Jika mengganti spons sering-sering dirasa memberatkan, Moms bisa menggunakan sabut kelapa, lap untuk mencuci piring, maupun di bersihkan dengan tangan.

Gimana Moms tips dapur di atas? Semoga bermanfaat ya. Mencegah lebih baik daripada mengobati.